-->

7 faktor mempengaruhi pertumbuhan ekonomi indonesia

Istilah pertumbuhan ekonomi dikaitkan dengan kemajuan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi bisa didefinisikan sebagai peningkatan kapasitas ekonomi untuk membuat barang dan jasa pada jangka ketika eksklusif seperti pada teori pertumbuhan ekonomi terkini. Dalam ekonomi, pertumbuhan ekonomi mengacu pada perluasan jangka panjang pada potensi produktif ekonomi untuk memuaskan harapan individu dalam masyarakat. Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dari suatu negara ‘mempunyai impak positif pada pendapatan nasional & taraf pekerjaan, yang selanjutnya membuat baku hidup yg lebih tinggi.

Arti Pertumbuhan dan perkembangan Ekonomi ?


Pertumbuhan ekonomi bisa didefinisikan menjadi perubahan positif dalam taraf barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara selama periode waktu tertentu. Karakteristik penting pertumbuhan ekonomi merupakan bahwa dia tidak pernah seragam atau sama di semua sektor ekonomi. Misalnya, dalam tahun tertentu, sektor telekomunikasi suatu negara telah menandai donasi yg signifikan pada pertumbuhan ekonomi sedangkan sektor pertambangan belum berkinerja baik. Sejauh pertumbuhan ekonomi negara yang bersangkutan & terdapat banyak faktor yg menghipnotis perkembangan ekonomi misalnya teori pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi secara langsung berkaitan dengan peningkatan persentase dalam GNP suatu negara. Dalam arti sebenarnya, pertumbuhan ekonomi terkait menggunakan peningkatan hasil nasional per kapita atau produk nasional higienis suatu negara yg tetap kontinu atau berkelanjutan selama bertahun-tahun. Pertumbuhan ekonomi dapat dicapai waktu taraf peningkatan total output lebih akbar daripada taraf peningkatan populasi suatu negara.

Faktor faktor yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi sebagai berikut :


A. Investasi

Investasi yang dimaksud disini berupa barang modal dan bangunan seperti pabrik ,mesin ,peralatan kerja ,dan bangunan.Investasi fisik dapat digunakan untuk menjalankan aktivitas produksi untuk mengasilkan barang dan jasa.Semakin banyak jumlah barang dan jasa maka semakin tinggi pertumbuhan ekonominya.

B. Uang

Menurut teori klasik, uang memegang peranan penting dalam proses produksi.Uang dapat berasal dari pribadi  atau dara lembaga keuangan yg memberikan kredit.

C. Sumber Daya Manusia

Manusia adalah faktor produksi yg unik.Keunikannya dapat dilihat dengan peran ganda yg dimainkannya. Di satu sisi, manusia sanggup berinovasi buat membentuk banyak sekali teknologi canggih, dan disisi lain manusia sanggup mengatur dan memasak faktor produksi lainnya.

D. Sumber Daya Alam

Anugrah sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara adalah salah satu modal pembangunan ekonomi. Negara yg memiliki kekayaan alam besar memiliki peluang yg besar pula untuk menghasilkan output perekonomian yg besar.

E. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dua hal penting yang sangat mempengaruhi kecepatan pembangunan ekonomi. Semakin lambat perkembangan ilmu pengetahuan dan adaptasi terhadap teknologi baru, maka semakin lambat pula proses pembangunan ekonomi berjalan.

F. Sistem Sosial dan Sikap Masyarakat

Sistem sosial yg ada di masyarakat dapat mempengaruhi keberhasilan pembangunan,seperti sistem kepemilikan tanah.

G. Perluasan Pasar

Agar kegiatan pembanguan terus meningkat, pemerintah dapat mengusahakan perluasan pasar. Untuk pasar dalam negeri, perluasan dapat dilakukan dengan meningkatkan pendapatan masyarakat. Sementara itu, untuk pasar luar negeri perluasan dilakukan melalui jaringan perdagangan luar negeri.

semoga bermanfaat untuk teman teman semua.

0 Response to "7 faktor mempengaruhi pertumbuhan ekonomi indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel