6 faktor sukses menulis blog

By | November 16, 2018
  Berikut adalah faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan blogger dalam mendulang uang dari blog.
1. Niat
 Jika niat ngeblog hanya untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin itu kurang tepat karena blog bukan mesin pencetak uang. Niat yang salah dapat membuat blogger menghalalkan cara apa pun untuk mewujudkan niatnya.

 Oleh karena itu, seorang blogger harus meluruskan niatnya, yaitu “NgeBlog untuk ibadah.” Dengan niat seperti itu insya Allah hasilnya akan barakah dan dia akan tetap pada jalur yang benar (on the right track).

Tentu sangat tidak elok jika kita membuat blog dengan tujuan untuk menyebarkan fitnah, kebencian, permusuhan, dan mendorong atau merangsang pembacanya untuk berbuat negatif.

 Harus diingat bahwa blog akan dibaca oleh orang banyak, termasuk pasangan kita, anak cucu, orangtua, sahabat, guru, atasan, bawahan, dan kerabat kita.

 Blog porno, misalnya, mungkin pada awalnya akan kebanjiran traffic, tetapi umurnya tak akan lama karena ditinggalkan orang atau diberangus.

2. Sikap Kerja
 Untuk mendapatkan hasil yang baik, seorang blogger harus bekerja keras. Ngeblog bukan hanya sekadar membangun blog dan menulis artikel saja, tetapi banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan agar blognya semakin hari kian bagus tampilan dan kinerjanya.
3. Kesabaran
   Ngeblog merupakan kegiatan panjang. Tak sedikit blogger yang jenuh dan akhirnya memutuskan berhenti dari ngeblog karena berbagai faktor. Blog yang tak kunjung membaik dilihat dari segi pengunjung atau trafik bisa membuat blogger frustrasi.

  Demikian pula jika uang yang diharapkan dari hasil ngeblog tak kunjung tiba atau hasilnya kurang memuaskan bisa membuat blogger patah semangat. Oleh karena itu, seorang blogger harus memiliki kesabaran yang baik.

4. Keuletan
 Jika seorang blogger ditolak pendaftarannya oleh Google Adsense, misalnya, maka dia tak boleh putus asa. Masih banyak jalan untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

  Google Adsense bukan satu-satunya situs yang membuka program Pay Per Click. Keuletan ini juga dibutuhkan untuk rajin mengevaluasi blog dan berusaha memperbaikinya.

5. Kemampuan Upgrade Diri
   Ilmu pengetahuan tentang blog akan terus berkembang. Oleh karena itu, blogger yang ingin maju harus banyak membaca agar dapat menyerap ilmu yang baru.

  Bahan bacaan bukan hanya buku, tetapi tips, tutorial, dan info tentang blog dapat dibaca di blog atau situs lainnya.

6. Kehati-hatian
   Sikap ini sungguh perlu diperhatikan agar kegiatan ngeblog tak tersandung masalah. Blog memang milik kita, di bawah kekuasaan kita, dan kita memegang kendali sepenuhnya atas blog yang kita bangun.

 Namun demikian, perlu diingat bahwa artikel yang kita tulis dan kita publikasikan akan dibaca jutaan manusia di muka bumi ini. Artikel yang kita anggap biasa-biasa saja bukan tidak mungkin bisa dianggap sebagai artikel yang menyerang kehormatan, membuat perasaan tidak senang, atau melecehkan pihak lain, baik perorangan, instansi, kelompok, atau lembaga tertentu.

 Oleh karena itu, berhati-hati dalam ngeblog tentu penting sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *