7 Kebiasaan Dapat Mempercepat Penuaan

Kebiasaan Apa Aja ?


 Setiap orang pasti memiliki kebiasaan, entah itu kebiasaan buruk atau kebiasaan baik. Setiap kebiasaan yang dilakukan pasti akan menimbulkan risiko di kemudian hari.

 Sama seperti kebiasaan yang tanpa sadar Anda lakukan, akan berpengaruh pada proses penuaan Anda. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang mampu memengaruhi proses penuaan.


 1. Stres berlebihan
 Sejak dulu kita semua tahu bahwa semua orang bisa saja mengalami stres. Stres tidak memandang status sosial, usia, dan tempat. Stres bisa saja datang kapan saja ketika kita sudah tidak dapat menghadapi keadaan atau masalah yang ada di dalam diri kita. 

Tahukah Anda? Ternyata stres yang berlebihan sangatlah tidak baik. Selain memengaruhi kesehatan, stres juga mampu meningkatan proses penuaan semakin cepat. Coba saja Anda perhatikan, ibu-ibu yang memiliki anak lebih dari satu, pasti akan mengalami stres yang berlebihan. Ini terbukti dari jumlah kerutan yang ada di wajah mereka. Hal itu karena stres berlebihan telah memicu adanya penuaan dini dan pada ibu-ibu tersebut telah terjadi penuaan secara ekstrem.

 Lalu, bagaimana cara Anda meluapkan rasa stres yang Anda rasakan? Apakah Anda akan berteriak sekeras mungkin hingga timbul perasaan lega di dalam hati? Atau, Anda memilih pergi ke suatu tempat dan mencari suasana baru.

 Dalam menghilangkan rasa stres, setiap orang memang memiliki cara yang berbeda. Akan tetapi, penulis menawarkan cara yang paling mudah untuk Anda lakukan, yaitu tarik napas Anda dalam-dalam dan beri aura positif pada diri Anda melalui hati Anda yang Anda transfer dari otak Anda.

 Dengan begitu, rasa stres pada diri Anda akan berkurang. Saran penulis, meskipun rasa stres adalah hal yang wajar dan bisa dirasakan oleh siapa saja, lebih baik Anda menghindari stres. Cintailah apa yang sedang Anda lakukan. Dengan begitu, Anda akan selalu berusaha meskipun rasa stres sesekali datang pada Anda.

 2. Konsumsi alkohol
 Di zaman yang serba "edan" ini, minum alkohol seakan menjadi kebiasaan yang wajar. Tidak memandang gender atau ekonomi, minum alkohol sudah menjadi hal yang tidak tabu lagi.

 Jika dulu minum alkohol hanya dilakukan di saat seseorang mempunyai masalah berat saja, sekarang minum alkohol telah menjamur sebagai hal yang biasa. Bahkan, setiap perkumpulan anak remaja sekarang atau perkumpulan para pebisnis, menu utama yang disuguhkan adalah minuman alkohol meskipun tidak semua seperti itu.

 Sadarkah Anda bahwa setiap tetes alkohol, meskipun dengan kadar alkohol yang tidak begitu tinggi, bisa menimbulkan masalah yang berkepanjangan di kemudian hari? Masalah kesehatan sudah pasti berderet mengancam di depan mata. Masalah kesehatan yang paling memengaruhi terhadap kehidupan wanita adalah penuaan.

 Bukankah menjadi tua merupakan hal yang menakutkan bagi kaum hawa? Untuk para pria, menjadi tua sudah bisa dihadapi dengan lapang dada. Bahkan, bagi mereka sudah menerima bahwa tua adalah proses alam yang akan terjadi sehingga mereka tidak terlalu memerhatikan kerutan-kerutan tipis yang ada di kulitnya.

 Berbeda dengan wanita, tua merupakan mimpi buruk. Apalagi, jika penuaan itu terjadi lebih cepat dari sewajarnya. Misalkan saja, usia 25 sudah terlihat seperti 30-an.

 Mungkin dia tidak akan merasa percaya diri dengan penampilannya sehingga stres pun datang padanya, dan untuk menghilangkannya dia lari meneguk segelas alkohol yang akan semakin mempercepat proses penuaan.

 Jadi, lebih baik, Anda mulai berhenti mengonsumsi alkohol yang sudah terbukti berpengaruh buruk terhadap kesehatan dan penuaan.

 3. Kurang bergerak/olahraga
 Mengapa masih banyak orang malas untuk menggerakkan badan? Berbagai alasan pun diutarakan. Kebanyakan karena tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal, banyak sekali manfaat olahraga yang akan Anda dapatkan.

 Olahraga pun tak harus pergi ke gym, menyediakan waktu satu jam untuk berlari-lari kecil mengitari kompleks rumah, dan sebagainya. Satu langkah gerakan Anda yang Anda tujukan untuk olahraga merupakan satu detik waktu Anda.

 Jadi, intinya tak perlu berjam-jam, lima menit cukup asalkan dalam waktu yang teratur. Kurang bergerak juga akan mempercepat proses penuaan. Jadi, lebih baik hilangkan kebiasaan Anda dan buatlah kebiasaan baru yang jauh lebih baik dan bermanfaat.

4. Mengonsumsi makanan berlemak
 Makanan berlemak memang cenderung memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan dengan makanan lain. Banyak orang yang lebih memilih makanan berlemak untuk dikonsumsi dibandingkan makanan non-lemak kecuali bagi meraka yang sedang berdiet.

 Kebiasaan buruk inilah yang kemudian menyebabkan banyak orang dilarikan ke rumah sakit dengan berbagai macam penyakit karena banyaknya timbunan lemak di dalam tubuh. Selain itu menurut hasil penelitian, lemak juga sangat berpengaruh terhadap proses penuaan.

Jadi, lebih baik Anda menghentikan kebiasan memakan makanan berlemak. Anda boleh mengonsumsinya namun dalam porsi yang wajar dan jangan jadikan ini kebiasaan yang terus Anda lakukan.

 5. Merokok
 Banyak penelitian yang mengatakan bahwa merokok dapat mempercepat penuaan. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin yang ada di dalam rokok.

 Mungkin prosesnya tidak secepat yang dibayangkan, namun kerut - kerutan halus akan muncul tanpa disadari. Meskipun kerutan halus tidak terlalu terlihat, jika dibiarkan dan terus merokok, kerutan itu akan menjadi tambah banyak.

 6. Menghirup udara polusi
 Polusi merupakan udara kotor yang tidak baik untuk kulit. Namun, kebanyakan orang tidak peduli akan hal ini. Mereka masih saja bisa merasa nyaman dengan keadaan jalan raya yang sudah tentu penuh dengan udara tidak sehat. Kebiasaan inilah yang menurun pada penerusnya.

 Jika orang sebelumnya membiasakan menggunakan masker ketika di jalan, kebiasaan itu bisa menurun pada penerusnya. Namun, hal ini masih sulit untuk dilakukan, mengingat kebudayaan Indonesia yang menginginkan tidak ribet dan lebih praktis.

 Jadi, mereka lebih memilih dalam keadaan "terbuka" saat berada di jalan raya. Padahal, udara yang tidak sehat ini bisa memengaruhi kesehatan kulit dan proses penuaan pun tidak dapat dihindari.

7. Terlalu sering terkena sinar matahari 
Meskipun sinar matahari juga berguna untuk tubuh, yaitu membantu dalam pembentukan vitamin D pada tulang. Namun, sinar matahari pada siang hari (UVB) sangatlah bertolak belakang. Sinar ini bisa memicu kanker kulit.

 Selain itu, sinar ini juga tidak begitu baik untuk kulit karena bila terlalu banyak terkena sinar ini kulit akan muncul noda hitam, kerutan, atau bintik merah-merah bagi kulit sensitif. Untuk itu, kebiasaan menggunakan pelindung saat keluar di siang hari sangatlah diwajibkan bagi Anda yang tidak ingin mempercepat proses penuaan.
 Masih banyak lagi kebiasaan buruk yang semakin mempercepat proses penuaan. Untuk itu, lebih baik Anda menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik.

0 Response to "7 Kebiasaan Dapat Mempercepat Penuaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel