-->

Mengatasi Populasi Kucing Liar

 Kucing lokal merupakan hewan yang gampang mengikuti keadaan dan berkembang biak. Kucing lokal gampang dijumpai dibanyak tempat terutama pada daerah perkotaan, maka berdasarkan itu pertumbuhan komunitas pecinta dan penyelamat kucing makin berkembang pesat.

 Tetapi dengan keterbatasan ruang hidup & biaya  perawatan, pertumbuhan populasi kucing lokal menjadi sebuah perkara tersendiri bagi komunitas juga masyarakat awam. Dengan posisinya menjadi predator zenit (puncak) ekosistem perkotaan, kucing lokal tidak mempunyai predator lain ataupun pesaing selain jenisnya sendiri yang bisa menunda ledakan populasi kucing lokal.

 Kucing merupakan hewan yang ada di mana- mana, khususnya di lingkungan perumahan dan tempat tinggal. Kucing merupakan hewan yang mudah beranak sehingga sangat sering ditemui kucing tanpa pemilik alias kucing "liar".

 Alangkah baiknya jika masyarakat mencari langkah - langkah yang baik untuk mengatasi dan mengontrol populasi kucing tanpa pemilik tersebut. Untuk mengatasi dan mengontrolnya harus dipikirkan dari beberapa segi. Tentu kita meng- inginkan agar kucing tersebut tidak menjadi hewan pengganggu, melainkan menjadi sahabat manusia.

 Untuk itu, harus diupayakan agar keberadaan mereka tidak mengganggu ekosistem wilayah yang didiami masyarakat. Kucing pun seyogyanya diperlakukan secara baik karena mereka juga makhluk ciptaan Tuhan yang pasti berguna bagi manusia.

 Kucing juga berhak hidup dan mendapatkan kesejahteraan. Ada baiknya kucing - kucing "liar" tersebut ditangkap dan dibawa ke tempat penampungan sementara yang sudah ditentukan dan dikoordinasi pihak pemerintah atas kerja sama dengan masyarakat setempat. Selanjutnya, dokter hewan melakukan vaksinasi dan operasi sterilisasi.

 Bila proses tindakan yang dilakukan oleh dokter hewan terhadap kucing sudah selesai, dan kucing tampak telah lincah lagi, maka kucing sebaiknya segera dikembalikan ke habitatnya agar ekosistem di wilayah tidak terganggu. Kegiatan seperti itu sebaiknya dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan.
 Dengan cara ini, maka kucing dapat hidup sehat, populasinya akan terkontrol, dan ekosistemnya tidak terganggu. Hal ini dapat menjaga lestarinya kesehatan lingkungan.

0 Response to "Mengatasi Populasi Kucing Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel