-->

Penyakit Asam Urat dan Cara Mencegah

Apa Itu Asam Urat ?
 Asam urat merupakan sisa metabolisme zat purin yang kita konsumsi. Asam urat juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.

 Purin merupakan zat yang terdapat di dalam makanan yang berasal dari makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga mengandung purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

 Kadar asam urat normal adalah 5-7 mg % . Normalnya asam urat dikeluarkan oleh tubuh melalui fases (kotoran) dan urin. Akan tetapi, karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada, asam urat di dalam tubuh akan meningkat. Asam urat yang berlebihan akhirnya akan berkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak. 

Gejalanya :
Gejala yang sering dirasakan adalah kesemutan dan linu nyeri, terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur Selain itu, sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas, dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.

Cara Mencegah :
 Untuk mencegah terjadinya asam urat, lebih baik Anda mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung purin tinggi, seperti hati, ginjal, jantung, usus/babat, limpa, paru-paru, otak, sarden, esktrak daging, dan ragi/alkohol. Diet rendah purin adalah cara terbaik untuk mencegah asam urat.

0 Response to "Penyakit Asam Urat dan Cara Mencegah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel