-->

Pengobatan Alternatif Pijat Refleksi

Pengertian Pijat Refleksi
 Teknik pengobatan alternatif yang satu ini lebih mudah ditemukan dan diminati daripada akupunktur. Dengan sangat mudah, Anda dapat mencarinya di seluruh penjuru kota. Pada dasarnya, pijat refleksi merupakan ilmu yang mempelajari ilmu tentang pijat di titik-titik tubuh tertentu. 

 Pijat ini dilakukan dengan alat tangan dan benda-benda lain berupa kayu, plastik, atau karet. Praktisi pijat ini mempunyai pengetahuan tentang saraf-saraf manusia. Pengetahuan tersebut masih berhubungan dengan pengobatan tusuk jarum.

 Beberapa praktisi pijat refleksi percaya bahwa kesehatan seseorang dapat diukur dengan meraba titik-titik untuk mendeteksi ketidakseimbangan atau penyumbatan aliran energi dalam tubuh. Penyumbatan ini dirasakan sebagai sensasi lunak atau "garing". Beberapa bukti menunjukkan bahwa pijat refleksi sebenarnya sudah dikenal sejak dulu oleh suku Afrika kuno, Indian Amerika, Mesir kuno, dan China kuno.

 Mengenai cara kerja pijat refleksiologi, belum ada seorang pun yang mengetahui secara pasti hubungan antara organ dan kelenjar di tubuh dengan zona-zona refleksi di kaki. Beberapa studi ilmiah refleksiologi belum memenuhi syarat dan peninjauan ulang studi tersebut menemukan bahwa secara keseluruhan, pijat refleksi belum menunjukkan sebagai perawatan yang lebih efektif selain perawatan plasebo semata dan belum bisa mendiagnosis penyakit dengan pasti selain hanya kemungkinan-kemungkinan saja. Ada beberapa orang yang cocok dengan pijat refleksi, namun ada juga yang merasa enggan, bahkan tidak percaya pada manfaat pijat refleksi.

Beberapa pengalaman teman dekat penulis juga mengatakan hal serupa. Ada beberapa diagnosis praktisi pijat yang memang sesuai dan cocok dengan analisis dunia medis, namun banyak juga yang melenceng. Biasanya, praktisi pijat akan menyebutkan jenis penyakit tertentu setelah dia memijat di salah satu bagian kaki atau tangan. Jika tempat yang dipijat itu sakit, hal ini menunjukkan adanya tanda-tanda penyakit dalam tubuh orang yang dipijat tersebut.

 Masalah keamanan pijat refleksi sampai saat ini pun belum ada kepastian. Beberapa orang mengatakan bahwa mereka merasakan nyaman dan aman setelah pijat refleksi. Namun, ada juga yang mengatakan sebaliknya. Jadi, mau memilih pijat refleksi atau terapi pengobatan yang lain, semuanya terserah Anda. Jika Anda masih ragu dengan manfaatnya, lebih baik tidak usah.

 Sebab, pengalaman sering menunjukkan bahwa keragu-raguan akan lebih mungkin mendatangkan efek buruk daripada efek baik. Untuk menambah keyakinan Anda, sebaiknya Anda bertanya kepada beberapa rekan Anda yang mungkin pernah melakukan pijat refleksi. Atau, Anda juga bisa langsung melakukan "wawancara" pada praktisi pijat refleksi.

0 Response to "Pengobatan Alternatif Pijat Refleksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel