-->

12 Buah Cocok Untuk Diet dan Kesehatan

 Buah untuk Tubuh Sehat
  Pemilihan program diet yang tepat merupakan suatu hal yang penting untuk dipertimbangkan, mengingat banyaknya orang menginginkan berat badan ideal dengan menjalankan program diet tetapi justru bermasalah dengan kesehatan tubuhnya akibat program diet pilihan yang salah.

 Dalam menjalankan program diet, pembatasan konsumsi akan suatu jenis makanan tertentu, seperti hanya mengonsumsi sayur dan buah saja, akan berdampak kurang sehat. Inilah yang menyebabkan tubuh kekurangan zat-zat lain yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, diet dengan buah dan sayur harus diimbangi dengan konsumsi nutrisi yang lain seperti karbohidrat, protein, lemak, dan zat lainnya.

  Konsumsi lebih banyak sayur dan buah-buahan merupakan salah satu metode diet yang cukup aman. Hal ini disebabkan dalam sayur dan buah-buahan itu terdapat banyak fiber atau serat yang penting untuk diet. Berikut adalah beberapa buah-buahan yang baik untuk program diet Anda.

1. Apel
 Seperti yang telah diketahui banyak orang, apel mengandung karbohidrat, terutama saat buah ini sedang tumbuh. Selain itu, apel juga kaya akan pektin (sejenis serat). Apel mengandung flavonol yang disebut quercetin. Dalam beberapa penelitian, diketahui memiliki bahan antikanker. Quercetin juga mengandung bahan antiradang. Ini dapat dimanfaatkan untuk perawatan penderita penyakit seperti arthritis. Meskipun tidak sebanyak buah jeruk, buah apel juga mengandung vitamin C.

2. Stroberi
 Stroberi mengandung ellagic acid yang dapat berperan sebagai antioksidan. Ellagic acid juga terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix, dan lidah. Stroberi dipercaya memiliki zat antibakteri yang dalam pengobatan tradisional digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Stroberi banyak mengandung vitamin C.

3. Pisang
 Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan ini digunakan untuk membuat serotonin dalam otak. Fungsi dari serotonin itu sendiri adalah untuk mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat merasa relaks dan mengurangi ketegangan. Pisang sering digunakan sebagai obat tradisional, yaitu digunakan untuk menyembuhkan bisul perut. Jika buah-buahan lain banyak mengandung maka tidak demikian dengan pisang. Pisang lebih banyak mengandung karbohidrat, sedikit mengandung karotin dan vitamin C. Pisang juga kaya akan potasium.

4. Melon
 Melon memiliki kandungan gula yang tinggi dan juga mengandung lycopene yang berfungsi sebagai antikanker. Melon merah dan oranye juga mengandung karotenoid. Zat ini dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Karotenoid akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Selain bermanfaat sebagai sumber karoteniod dalam tubuh, melon juga merupakan sumber vitamin C.

5. Jeruk
 Jeruk merupakan buah yang rendah serat namun kaya akan vitamin C dan folate. Jeruk juga mengandung phytochemical yang disebut hesperidin. Zat ini berfungsi sebagai antioksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah.

6. Mangga
 Seperti halnya melon merah, mangga juga mengandung karotenoid yang disebut beta crytoxanthin. Zat ini merupakan sebuah antioksidan yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk. Mangga selain kaya akan karotenoid, buah mangga juga kaya akan serat dan vitamin C. 

7. Kiwi
 Buah kiwi mengandung pigmen yang disebut chlorophyll. Zat warna inilah yang memberikan warna hijau pada buah tersebut. Kiwi memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat untuk mengikat kanker. Satu buah kiwi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C orang dewasa. 

8. Plum
 Buah ini mengandung phytochemical yang disebut ferulic acid yang bermanfaat sebagai antikanker. Berdasarkan penelitian, konsumsi ferulic acid dapat membantu menurunkan risiko kanker usus. Plum mengandung banyak serat. Selain itu, plum juga kaya akan potasium. 

9. Anggur
 Buah yang satu ini kaya akan manfaat. Kulitnya mengandung phytochemical yang disebut resveratrol. Senyawa ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, antikanker, antibakteri, dan mengandung antioksidan. Kandungan serat dan vitamin C dalam anggur tergolong rendah. 

10. Nanas
 Buah ini sudah sangat umum dijumpai di pasaran. Rasanya yang segar dan manis menjadi salah satu daya tariknya. Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki kemampuan untuk menguraikan protein. Selain digunakan untuk membantu pencernaan, biasanya nanas juga dipakai sebagai bahan pelunak daging.
 Nanas juga dapat menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing. Nanas merupakan salah satu sumber vitamin C yang juga kaya serat buah ini mengandung kadar gula yang tinggi. 

11. Semangka
 Buah semangka mengandung 92% air. Buah ini dapat dengan cepat mengaktifkan reseptor di dalam perut untuk mengirimkan sinyal kenyang pada otak. Oleh karena itu, buah ini cocok dikonsumsi oleh para pelaku diet. 

12. Lemon
 Banyak orang yang menganggap bahwa diet dengan menggunakan lemon (atau yang juga disebut master cleanse diet) adalah langkah paling efektif untuk menurunkan berat badan. Padahal, fungsi utama dari diet lemon adalah untuk membuang racun yang mengendap dalam tubuh. Tapi memang, biasanya diet lemon juga akan membuat berat badan turun. Diet lemon banyak dilakukan oleh artis hollywood. Salah satu di antaranya adalah Beyonce Knowles.

 Bagaimana cara memulainya? Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mengurangi asupan makanan tak sehat dan makanan yang diproses, misalnya daging olahan, makanan kalengan, dan sebagainya. Anda juga disarankan untuk mengurangi konsumsi gula, garam, dan alkohol pada makanan. Mengonsumsi sayur dan buah, serta minum air putih yang cukup adalah salah satu langkah terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

 Diet lemon menyarankan asupan 6-12 gelas jus lemon sehari. Dua belas gelas jus lemon mengandung 1300 kalori. Selama melakukan diet lemon, Anda tetap perlu mengonsumsi sumber protein, mineral, dan zat gizi lainnya. Bagi Anda penderita maag, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda untuk mengurangi efek sampingnya.

0 Response to "12 Buah Cocok Untuk Diet dan Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel