Air Putih Mampu Turunkan Berat Badan

 Berdiet dengan Air Putih
 Air putih ternyata tidak hanya memberikan kesegaran di saat haus, tetapi juga bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk berdiet. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di mancanegara beberapa waktu silam.

 Dalam penelitian itu disebutkan bahwa sekelompok orang yang minum air putih 500 ml air atau dua gelas air sebelum makan dan dilakukan selama tiga bulan berturut-turut menunjukkan hasil dapat menurunkan berat badan sebanyak 2 kg dibandingkan kelompok orang yang tidak minum sebelum makan. Meskipun kalori yang masuk sama.

 Air sangat diperlukan oleh tubuh kita. Seseorang yang tidak makan dalam waktu 2 hari kemungkinan besar masih bisa bertahan. Tapi, jika kekurangan air, bisa berakibat fatal. Mengapa? Karena air merupakan komposisi terbesar dalam tubuh manusia.

 Dr. James M. Rippe, seorang kardiolog dari AS menyarankan untuk meminum air paling sedikit 11 lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22%. Bisa dimengerti bila kita kekurangan 7% maka kita akan merasa lemah dan lesu.

 Semakin banyak kita melakukan aktivitas, air akan lebih banyak terkuras dari tubuh. Apalagi bagi orang yang tinggal di daerah tropis, ketika energi yang dikeluarkan lebih banyak. Sebab itu, para pakar kesehatan mengingatkan agar jangan minum hanya di kala haus saja.

 Sebaiknya minum air putih dengan takaran 8–10 menjadi kebiasaan sehari-hari. Itu artinya, jika Anda bekerja dalam ruangan yang ber-AC, maka Anda harus tetap minum lebih banyak, meskipun Anda tidak haus. Sebab, di ruang ber-AC dapat menyebabkan lebih cepat dehidrasi.

 Selain itu, air putih juga bersifat menghanyutkan kotoran- kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa kenyang), satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk.

 Chaiton Leo, dalam bukunya yang berjudul Terapi Air untuk Kesehatan dan Kecantikan, mengatakan bahwa terapi air adalah metode perawatan dan penyembuhan dengan menggunakan air agar mendapatkan efek-efek terapis.

 Bagaimana dengan jenis air yang lain, air elektrolit, misalnya? Apakah juga dapat digunakan untuk berdiet? Menurut dokter Parlindungan Siregar dari RSCM, memang saat ini ada banyak jenis air. Untuk itu, Anda sebaiknya mengetahui dengan pasti manfaatnya bagi tubuh Anda. Beberapa macam air beserta manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Air hidrogen.
 Air hidrogen sangat disarankan untuk mereka yang sudah melakukan cangkok ginjal.
2. Air fluoridation.
 Air fluoridation baik untuk mengobati gigi berlubang.
3. Air oksigen.
 Air oksigen adalah air yang mempunyai banyak kandungan oksigen. Air jenis ini memang tidak cocok untuk dikonsumsi manusia. Air oksigen hanya berguna untuk ikan yang memiliki insang yang dibutuhkan oleh paru-paru.
4. Air teh.
 Jenis air yang satu ini bagus untuk ginjal. Sementara air putih bisa mencegah timbulnya batu ginjal jika dikonsumsi orang yang tidak memiliki gangguan kesehatan.
 5. Air elektrolit.
 Air elektrolit sangat disarankan untuk orang yang terkena diare. Untuk bayi, air elektrolit memang tidak disarankan. Sedangkan untuk orang dewasa, sebaiknya hanya digunakan seperlunya saja.

0 Response to "Air Putih Mampu Turunkan Berat Badan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel