-->

6 Hal Persiapan Sebelum Diet Sehat

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berdiet 
"Badanku dulu tak begini tapi ini sudah tak cukup lagi" Pernahkah Anda mendengarkan nyanyian itu? Tapi apakah memang benar jika tubuh Anda kini sangat tidak seperti yang Anda bayangkan saat ini? Apakah Anda juga berniat akan melakukan diet? Para ahli setuju jika Anda akan berhasil melakukan diet apabila Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan matang, entah secara fisik maupun mental.

 Dan semua itu harus benar- benar untuk Anda niati dengan sungguh-sungguh agar apa yang Anda inginkan untuk ber-diet tidak hanya sekadar omongan dan niatan belaka. Hanya gara-gara Anda kurang sungguh-sungguh untuk merealisasikan niatan dalam diri Anda. Tubuh yang langsing dan bagus pun tidak bisa menjadi kenyataan. Maka dari itu untuk dapat membantu agar keinginan Anda untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan indah menjadi kenyataan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda berdiet yaitu: 

1. Menentukan sebuah tujuan.
 Tentu saja selama ini Anda memiliki tujuan untuk melakukan diet. Mungkin Anda berdiet untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih indah, seksi, sehat, enak dipandang, dan mungkin saja agar Anda dapat menarik perhatian setiap mata kaum Adam yang memandang ke diri Anda. Dan itu merupakan sebuah tujuan yang harus Anda raih untuk dapat memotivasi Anda agar niat tersebut tidak sekadar niatan dalam angan-angan saja.

  Sebagai contoh, misalnya saja Anda bisa memulai dengan mengukur lingkar pinggang, lingkar paha, dan lingkar perut Anda sebelum Anda diet. Kemudian, Anda ingin membuang berapa inchi atau berapa kilo dari berat badan Anda. Tentu saja Anda akan melakukan segala hal agar Anda biasa mendapatkan hasil seperti yang Anda inginkan dan kemudian Anda mencatatnya sebagai acuan diri Anda. Dengan Anda menentukan tujuan tersebut, Anda akan semakin termotivasi juga untuk melakukan diet yang sungguh-sungguh.

2. Buatlah rencana penurunan berat badan.
  Setelah Anda mengetahui jumlah besar dari tubuh Anda yang ingin Anda dapatkan itu, Anda harus menyetujui rencana untuk menurunkan berat badan Anda dan melakukan berbagai cara, salah satunya dengan berdiet.  Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memerhatikan setiap makanan dan minuman yang sering Anda konsumsi.

  Apakah Anda lebih sering mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan?  Apakah Anda juga lebih sering mengonsumsi daging yang memiliki banyak lemak dari ikan dan unggas?  Jika Anda benar-benar ingin segera mewujudkan keinginan Anda untuk memiliki tubuh yang ideal, maka Anda harus mengubah semua pola makanan Anda yang dulu lebih sering mengonsumsi karbohidrat, kini berubah menjadi sayuran dan buah-buahan.

  Jika dulu Anda penggemar daging merah dan berlemak tinggi, kini Anda harus beralih ke ikan dan unggas, juga kini Anda juga harus banyak mengonsumsi protein-protein yang tanpa lemak dan biji-bijian lengkap dalam menu makanan Anda.  Anda juga harus dapat membeli makanan yang sudah siap saji makanan yang sudah diolah.  Selain makanan, Anda juga harus memerhatikan minuman yang Anda minum.  Apakah Anda juga suka kopi, minuman ringan, dan alkohol?  Jika memang benar, Anda juga harus mulai mengubah kebiasaan tersebut dengan sesuatu yang lebih baik, misalnya susu rendah lemak atau air putih.

3. Temui dokter Anda.
 Sebelum Anda benar-benar melakukan diet, penting bagi Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Entah itu untuk kesehatan maupun tentang gizi. Hal ini penting untuk Anda lakukan sebelum Anda berdiet. Konsultasikan kesehatan Anda kepada dokter Anda tentang masalah- masalah kesehatan Anda itu.

 Dokter Anda akan membantu untuk diet yang tepat bagi Anda dan cara yang tepat untuk mengurangi berat badan Anda dengan cara yang sehat, alami, dan tentu saja aman untuk diri Anda. Jangan sampai Anda asal saja melakukan diet tanpa adanya konsultasi dan pengawasan dari dokter yang bersangkutan, dan yang terjadi akhirnya Anda malah sakit karena diet yang Anda lakukan itu salah. Ingat, diet yang sehat adalah diet yang tidak memaksakan tubuh Anda dan juga tidak menyiksa bagi Anda untuk menjalani diet tersebut. 

4. Mengetahui porsi Anda.
 Ukuran porsi makanan Anda sehari-hari dan porsi makan Anda pada makanan yang telah dibungkus sebenarnya porsi yang sangat besar jika dibandingkan dengan makanan yang ada pada restoran. Sebenarnya makanan di restoran memiliki porsi yang pas untuk Anda, yaitu tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu sedikit.

 Untuk membantu Anda dalam mengurangi kalori yang akan Anda konsumsi, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu untuk menghitung dan mengurangi porsi makan Anda setiap harinya, meskipun Anda sedang tidak makan di restoran. Penting bagi Anda untuk mengetahui porsi makan Anda, agar  Anda tidak sia-sia dalam berdiet dan mengurangi makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. 

 5. Mendidik diri Anda sendiri
 Mulai sekarang Anda harus dapat mendidik diri Anda untuk berusaha mempelajari nutrisi-nutrisi yang tepat dan makanan-makanan yang baik dan yang harus Anda konsumsi setiap harinya. Terlebih lagi jika Anda juga dapat mengetahui tentang banyaknya kalori yang harus Anda konsumsi dan cara untuk mengurangi kalori tersebut.

 Anda bisa mencari dari sebuah buku atau dari internet tentang diet dan gizi. Anda juga bisa mempelajari cara-cara untuk menurunkan atau mengurangi jumlah kalori dalam tubuh Anda, atau semisal saja dengan olahraga yang pantas untuk Anda lakukan dalam mengurangi jumlah kalori dalam tubuh Anda tersebut. 

6. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus Anda tinggalkan.
 Memerlukan banyak waktu untuk meninggalkan kebiasaan- kebiasaan buruk, tapi akan memerlukan sedikit waktu untuk menciptakan kebiasaan buruk itu kembali. Kata-kata tersebut memang benar adanya. Jika Anda memang benar serius untuk melakukan diet, sesuatu yang akan menjadi hal tersulit adalah menghilangkan dan mengubah kebiasaan buruk Anda selama ini dengan kebiasaan baru yang lebih baik. Hal ini tentu saja akan menjadi kendala untuk Anda, apalagi kebiasaan yang dapat menambah kalori dalam tubuh Anda.

 Anda kini harus mulai membiasakan diri untuk tertib terhadap setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi demi terciptanya harapan-harapan Anda untuk memiliki tubuh yang ideal dan sehat. Anda juga harus dapat menertibkan waktu untuk Anda memasukkan makanan atau minuman ke dalam perut Anda dan jenis dari makanan dan minuman tersebut dengan cara mencatatnya. Pergunakanlah jam makan sore jika perlu, agar Anda tidak makan pada waktu malam hari atau hanya untuk mengamil.

0 Response to "6 Hal Persiapan Sebelum Diet Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel