-->

Manfaat 3 Daun Sebagai Obat Herbal/Alami Yang Manjur

 Daun Herbal

 Buah dan sayur bukanlah satu-satunya pengobatan dan perawatan alami tubuh. Di pasaran, banyak sekali ditemukan obat-obatan herbal dalam bentuk daun dan biji. Nah, untuk menambah pengetahuan Anda tentang serba-serbi daun herbal, di bawah ini akan dibahas beberapa jenisnya. 

daun-herbal

1. Daun Sirih

 Anda tentu kenal dengan daun yang berbentuk hati ini. Bau sepatnya yang khas menjadikan daun sirih mudah dikenal. Biasanya, orang menggunakan daun sirih untuk menghentikan mimisan, mengatasi bau badan, dan bau mulut. Hal ini dikarenakan daun sirih mengandung antiseptik yang mampu membunuh kuman.

 Dalam farmakologi Cina, daun yang juga digunakan untuk bersirih (dalam bahasa jawa disebut nginang) ini dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas. Mereka menggunakan daun sirih untuk meluruhkan kentut, menghentikan batuk, mengurangi peradangan, dan menghilangkan gatal. Sedangkan, pada pengobatan tradisional India, daun sirih dikenal sebagai zat aromatik yang menghangatkan, bersifat antiseptik, dan bahkan meningkatkan gairah seks.

 Berdasarkan sebuah penelitian, sebagaimana dikutip oleh buku tanaman obat terbitan Kebun Tanaman Obat Karyasari, diungkapkan bahwa sirih juga mengandung arekolin di seluruh bagian tanaman. Zat ini bermanfaat untuk merangsang saraf pusat dan daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, dan meredakan dengkuran. Daunnya mengandung eugenol yang mampu mencegah ejakulasi dini, membasmi jamur Candida albicans, dan bersifat analgesik (meredakan rasa nyeri). Daunnya juga mengandung tannin yang bermanfaat mengurangi sekresi cairan pada vagina, melindungi fungsi hati, dan mencegah diare.

 Indian Journal of Pharmacology melaporkan bahwa penelitian yang dilakukan di India mengatakan bahwa daun sirih ternyata dapat memengaruhi kesuburan pria. Selain itu, masih di negara yang sama, daun sirih juga diteliti untuk mengobati penyakit asma, bronkitis, rematik, lepra, dan sakit gigi, bahkan juga untuk disfungsi ereksi.

 Beberapa resep pengobatan/perawatan tubuh yang menggunakan daun sirih adalah:

  • Batuk

 Siapkan 15 lembar daun sirih dan tiga gelas air. Cuci bersih daun tersebut dan rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian. Minum bersama madu.

  • Bronkitis

 Rebus tujuh lembar daun sirih yang telah dicuci bersih bersama sepotong gula batu dalam dua gelas air bersih. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum tiga kali sehari masing-masing sepertiga gelas.

  •  Menghilangkan bau badan

 Ambil lima lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum di siang hari. 

  •  Luka bakar

 Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuhkan pada luka bakar. 

  •  Mimisan

 Siapkan satu lembar daun sirih yang agak muda, kemudian memarkan dan gulung. Gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah. 

  •  Bisul

 Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti dua kali sehari. 

  •  Mata gatal dan merah

 Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan gunakan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata tiga kali sehari sampai sembuh. 

  •  Koreng dan gatal-gatal

 Rebus 20 lembar daun sirih sampai mendidih. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal.

  •  Menghentikan gusi berdarah

 Rebus empat lembar daun sirih dalam dua gelas air. Gunakan untuk berkumur. 

  •  Sariawan

 Ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian cuci bersih. Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya setelah selesai. 

  •  Menghilangkan bau mulut

 Siapkan 2-4 lembar daun sirih, cuci bersih, dan remas. Seduh dengan air panas lalu gunakan untuk berkumur. 

  •  Jerawat

 Ambil 7–10 lembar daun sirih, cuci bersih, dan tumbuk halus. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan 2-3 kali sehari. 

  •  Keputihan

 Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dalam 2,5 liter air. Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut untuk mencuci vagina. 

  •  Mengurangi ASI berlebih

 Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih, dan olesi dengan minyak kelapa. Kemudian, hangatkan di atas api sampai layu. Tempelkan di seputar payudara yang bengkak selagi masih hangat.

2. Daun Pepaya

 Daun pepaya selama ini dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Mungkin karena rasanya yang pahit. Padahal, daun pepaya mempunyai banyak khasiat untuk tubuh manusia. Beberapa di antaranya adalah: 

  • Sebagai obat jerawat. Caranya, ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua. Kemudian, jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setengah sendok air, dan jadikan masker. 

  • Kandungan karpain dalam daun pepaya dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan. 
  • Sakit keputihan. Caranya, ambil satu lembar daun pepaya, satu potong akar rumput alang-alang, dan adas pulosari secukupnya. Selanjutnya, daun pepaya dicincang halus, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan 1,5 liter air sampai mendidih dan disaring kemudian diminum satu kali sehari satu gelas dan dilakukan secara teratur. 
  • Melancarkan haid. Caranya, ambil 2 helai daun pepaya dan cucilah. Setelah itu, tumbuk halus sambil diberi 4 gelas air, peras, beri garam. Minum sekaligus satu kali sehari. 
  • Malaria dan demam. Caranya, tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi ½ gelas. Kemudian, tambahkan air % gelas dan garam, peras, saring. Minum 3 kali sehari; lakukan 5 hari berturut-turut.

 Nah, tidak ada salahnya Anda mencobanya. Siapa tahu, daun pepaya akan mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

3. Daun Pegagan

 Mungkin Anda mengenal jenis daun bertepi ini. Bisa juga, Anda asing dengan namanya. Memang tidak mudah untuk menemukan daun pegagan, apalagi di perkotaan. Meskipun demikian, daun pegagan atau yang juga dikenal sebagai daun kaki kuda ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

 Sebagai tanaman berkhasiat obat, pegagan telah dimanfaatkan, terutama oleh masyarakat India, Pakistan, Malaysia, dan sebagian Eropa Timur sejak ribuan tahun lalu. Daun yang berbentuk hati ini dipercaya bisa meningkatkan ketahanan tubuh, membersihkan darah, dan memperlancar air seni. Orang-orang Timur Jauh di Eropa bahkan menggunakannya untuk menyembuhkan lepra dan TBC.

 Berdasarkan penelitian farmakologi yang dilakukan, pegagan mempunyai efek merangsang pertumbuhan rambut dan kuku, meningkatkan perkembangan pembuluh darah, serta menjaganya dalam jaringan penghubung (connective tissue), dan meningkatkan pembentukan mucin (zat utama pembentuk mucus).

 Penelitian lain menunjukkan bahwa dalam pengobatan Ayurveda di India, tanaman ini dikenal sebagai herbal untuk awet muda. Selain itu, daun pegagan juga diketahui dapat memperpanjang usia. Hal ini terbukti dari pengamatan pada binatang gajah yang terkenal memiliki umur panjang karena satwa ini memakan cukup banyak tanaman pegagan.

 Mengingat manfaatnya, beberapa negara telah melakukan pembudidayaan, misalnya Hawaii. Bahkan, di Oregon, AS, tanaman ini dibudidayakan di rumah kaca oleh Pacific Botanicals, pertanian herbal organik.

 Beberapa resep tradisional dengan menggunakan daun pegagan adalah sebagai berikut: 

  • Sakit maag dan perut kembung

 Ambil 5 gram pegagan, 1 gram pupus pepaya, 7 gram adas, 3 gram jinten, 5 gram kencur (diparut), 5 gram sembung, 6 gram daun pooh, 5 gram pulosari, 2 gram ketumbar, dan 10 gram falerian. Semua bahan direbus dengan 500 ml air dan diminum untuk 1 hari. 

  •  Demam dan menambah nafsu makan 

  Ambil 5 gram pegagan diseduh dengan air secukupnya, ditumbuk dan diperas sebagai pengganti air teh. 

  • Asma dan batuk

 Ambil 2 genggam pegagan segar dan air secukupnya ditumbuk dan diperas untuk diambil airnya, diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir selama 14 hari. 

  • Sariawan usus dan disentri

 Ambil 2 genggam pegagan segar, 1 jari rimpang kunyit, 1 sendok teh rasuk angin (serbuk), 9 butir ketumbar, 110 ml air, ditumbuk, tambahkan air, dan disaring. Dididihkan dan minum 1 kali sehari 100 ml selama 7 hari. 

  • Tifus

 Ambil 1 genggam daun kaki kuda, ½ genggam daun jintan, dan 5 batang tapak liman, semua bahan tersebut dicuci bersih dan dikukus untuk diambil airnya, ditambah dengan 1 sendok makan madu dan diminum. 

  • Busung

 Tumbuhan kaki kuda lengkap (akar, batang, dan daunnya), 3 batang alang-alang, 1 potong kulit kamboja, semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal ½ gelas, diminum 3 kali sehari 1 cangkir. 

  • Sakit Kepala

 Ambil 1 genggam daun kaki kuda dan seujung sendok makan jintan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, disaring, dan ditambah dengan 1 sendok makan madu, kemudian diminum. 

  • Keracunan jengkol

 Ambil 10-15 daun kaki kuda direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 2 gelas disaring dan diminum. 

  • Ayan

 Ambil daun kaki kuda yang sudah kering dan gula aren secukupnya. Daun kaki kuda ditumbuk halus kemudian diambil 1 sendok dan dicampur dengan gula aren secukupnya. Kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas (masak), disaring dan diminum, diulangi secara teratur. 

  • Demam

 Satu genggam (30-60 gram) pegagan segar ditumbuk, tambahkan air, lalu diperas dan disaring, boleh ditambah sedikit garam. Minum dalam keadaan perut kosong, 3 kali sehari. 

  • Wasir dan konstipasi

 Minum air rebusan 30-60 gram pegagan segar yang dicampur dengan beberapa siung bawang merah. 

  • Sariawan di mulut

 Tumbuk daun pegagan sampai halus, lalu tempelkan di tempat yang luka. Bisa juga minum rebusan daun pegagan. 

  • Cacingan

 Ambil ½ sdt pegagan kering diseduh dengan air mendidih selama 20 menit, minum hangat-hangat. 

 Yang perlu Anda perhatikan adalah jangan memakai pegagan lebih dari 6 minggu. Bila Anda ingin melanjutkan lebih dari 6 minggu, dibutuhkan waktu 2 minggu jeda. Kandungan asiaticoside pada pegagan menurut sebuah penelitian ilmiah telah menyebabkan terjangkitnya tumor pada tikus, tapi hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Jadi, jika Anda memiliki sel tumor atau kanker, dianjurkan untuk tidak menggunakan pegagan.
sumber : buku ide ide agar tubuh tetap hot dan sehat karya aqila smart

0 Response to "Manfaat 3 Daun Sebagai Obat Herbal/Alami Yang Manjur "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel