-->

11 Bumbu Dapur dan Segala Manfaatnya

Sehat dan Awet muda dengan metode tradisional

 Jika Anda hobi memasak, tentu Anda sangat hafal dengan segala macam bumbu masak, bukan? Bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, cabai, dan lada adalah contoh kecil dari sekian banyak bumbu dapur. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa bumbu-bumbu itu hanya berperan sebagai penambah rasa sehingga makanan lezat untuk disantap. Padahal, beberapa bahan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 Sayangnya, perkembangan zaman yang semakin pesat membuat dapur kebanyakan keluarga menjadi sepi. Hal ini disebabkan karena dapur menjadi jarang "dijajah" dan jarang digunakan. Maraknya restoran dan rumah makan siap saji atau sekedar warteg menjadikan masyarakat menjadi konsumtif. Padahal, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa makanan cepat saji hampir semuanya mengandung bahan kimia berbahaya yang tidak hanya akan memperburuk penampilan, tetapi juga kesehatan.

 Dalam bab ini, penulis uraikan manfaat setiap bumbu dapur bagi kesehatan dan perawatan tubuh. Memang, hanya dengan mengonsumsi makanan sehat saja tidak akan menjamin tubuh yang sehat. Akan tetapi, setidaknya, ini menjadi satu cara yang efektif dan bijaksana untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

A. Bawang Putih

 Tanaman yang memiliki nama latin Allium sativum ini termasuk bumbu dapur yang sangat populer di Asia. Selain memberikan rasa harum yang khas pada masakan, ternyata bawang putih juga mempunyai banyak manfaat yang sangat berguna bagi tubuh. Tidak heran jika bawang putih sering disebut-sebut sebagai "umbi seribu khasiat".

 Khasiat bawang putih sudah diketahui sejak 3000 tahun SM, saat para pujangga China menguji dan menulis manfaat bawang putih. Bahkan, cendekiawan Yunani kuno Aristoteles juga telah menguji bawang putih pada 335 SM untuk digunakan sebagai pengobatan. Tulisan Mesir kuno mencatat bahwa bawang putih diberikan kepada para pekerja yang membangun piramida untuk menjaga mereka agar tetap kuat dan sehat. Orang Rusia menjadikan bawang putih sebagai pengganti antibiotik dan dikenal sebagai "Penisilin Rusia" karena dipercaya mengandung 1/10 kebaikan penisilin.

 Kandungan kimia apa saja yang ada pada bawang putih? Salah satunya adalah aliin. Ketika bawang putih dimemarkan/ dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan amonia ke udara sebab amonia mudah menguap. Senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes, dan mengurangi tekanan darah.

 Selain alisin, bawang putih juga memiliki senyawa lain yang berkhasiat obat, yaitu alil. Senyawa alil paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru. Manfaat lain bawang putih bagi kesehatan adalah sebagai berikut:
  • Menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan. 
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghambat proses penuaan. 
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah. 
  • Dapat membantu meredakan stres, kecemasan, dan depresi. 
  • Mengurangi risiko terkena penyakit jantung. 
  • Menyembuhkan tekanan darah tinggi. 
  • Meringankan tukak lambung. 
  • Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes. 
  • Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh. 
  • Bermanfaat sebagai penawar racun (detoxifier) yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. 
  • Mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipide- mik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai antitumor.

 Sebenarnya, bawang putih memiliki banyak varietas. Selain bawang putih yang biasa dipakai untuk memasak di dapur, ada juga bawang putih yang berwarna keungu-unguan dan bersemu merah muda. Jika Anda hendak membeli bawang putih, pilihlah yang umbinya mulus dan kulitnya kering. Sebaiknya, bawang putih jangan disimpan di lemari es karena bisa tumbuh daun. Untuk menjaga kualitasnya, alangkah baiknya jika Anda tidak membelinya dalam jumlah yang banyak. Sebab, penyimpanan yang lama akan mengubah khasiat bawang putih.

B. Bawang Merah

 Jika Anda sering makan sate, Anda tentu sering menemui bawang merah. Ternyata, bawang merah tidak hanya menyedapkan masakan saja, tetapi juga sangat cocok untuk dijadikan campuran beberapa masakan, seperti acar. Khasiat bawang merah ternyata tidak hanya terbatas pada itu saja, tetapi khasiatnya yang luar biasa bagi kesehatan.

 Para peneliti India yang melakukan pemberian bawang merah, baik berupa jus maupun bawang merah "bulat" alias masih utuh, sebesar 25-200 gram pada subjek yang ditelitinya, mendapatkan bahwa semakin banyak bawang merah yang diberikan, semakin besar kadar gula darah yang berkurang. Tak ada perbedaan antara bawang merah mentah dan bawang merah yang telah direbus. Menurut teori tim peneliti, bawang merah memengaruhi metabolisme gula dalam hati, atau metabolisme pelepasan insulin, dan/atau mencegah perusakan insulin. Hasil penelitian lain menunjukkan jika bawang merah mempunyai efek menurunkan gula dan lemak darah. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk menambahkan bawang merah ke dalam setiap hidangan makanan.

 Bawang merah mengandung kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C, zat untuk melancarkan buang air kecil dan buang air besar, zat yang sesuai untuk perut dan menguatkan anggota badan. Kandungan zat asid karbrid yang terkandung dalam bawang merah dapat memedihkan mata dan hidung.

 Makanya, jangan heran jika saat mengiris bawang merah, mata Anda berair seperti menangis. Bila hal ini terjadi, basuhlah tangan dengan air hangat yang telah dicampur garam (asid ammonia) atau juga bisa dengan mengunyah biji yang tidak berklorofil setiap delapan jam. Selain dapat menurunkan kadar gula dalam darah, bawang merah juga dipercaya dapat:
  • Mengobati masuk angin, sembelit, mencret-mencret, dan cacingan. 
  • Mengatasi sistem peredaran darah, yaitu radang limpa, tekanan darah, dan angina pektoris. 
  • Mengatur sistem pembuangan, seperti penyakit kencing manis, radang prostat, lemah syahwat, encok, dan ginjal. 
  • Mengatur sistem pernapasan, mengobati mata bengkak, dan selaput putih di mata. 
  • Menolak angin yang panas dan membangkitkan selera. 
  • Membersihkan perut. 
  • Membangkitkan gairah seks.  

 Meskipun bawang merah mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, bukan berarti Anda bebas mengonsumsinya karena bawang merah juga mempunyai efek samping yang harus diwaspadai. Bawang merah mengandung kelembapan yang berlebihan. Oleh karena itu, bawang merah dapat menyebabkan migrain, memusingkan kepala, mengakibatkan gas, dan menggelapkan penglihatan.

C. Kemiri

 Berbeda dengan bawang merah dan bawang putih yang hampir selalu digunakan setiap kali memasak, kemiri justru tidak begitu digemari. Padahal, sebagai bumbu dapur, kemiri juga memiliki peranan yang penting dalam rasa. Memang, rasa itu masalah selera. Orang yang tidak suka dengan bau kemiri, tentu tidak bisa dipaksakan.

 Pohon kemiri berasal dari Maluku dan kadang ditemukan tumbuh secara liar pada ketinggian 150-1000 meter di atas permukaan laut. Pohon tersebut memiliki tinggi 10-40 meter, daunnya bertangkai panjang dengan dua kelenjar pada ujung tangkai, helai daunnya berbentuk bulat telur atau lanset, dan hanya pada bagian pangkal bertulang daun menjari.

 Selama ini, kemiri dikenal sebagai penghitam rambut. Tidak heran jika beberapa sampo menggunakan kemiri sebagai bahan dasarnya. Selain menghitamkan rambut, ternyata kemiri memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan perawatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat kemiri beserta resepnya.
  • Dapat mengatasi buang air besar yang mengandung nanah dan darah. Caranya, gunakan 20 gram kulit batang kemiri direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum hangat-hangat. 
  • Menyembuhkan diare. Caranya, gunakan 20 gram kulit batang kemiri segar ditumbuk halus lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum 2 kali sehari. Setiap kali minum sebanyak 150 cc. 
  • Memperbaiki dan memperkuat rambut. Caranya, gunakan 6 buah kemiri ditumbuh halus, tambahkan air secukupnya dan dimasak hingga mengeluarkan minyak. 
  • Gosokkan minyak tersebut pada kulit kepala dan rambut hingga merata. Lakukan 3 kali seminggu. Mengurangi rasa sakit gigi. Caranya, gunakan 3 tetes getah daun kemiri dilumaskan ke bagian yang sakit. Lakukan sebanyak 3 kali seminggu. 

D. Ketumbar

 Ketumbar (Coriandrum sativum) berbentuk kecil-kecil 1-2 milimeter. Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu yang bernama ketumbar. Dengan memasukkan ketumbar ke dalam masakan, aroma masakan akan lebih nyata.

 Manfaat ketumbar dapat digunakan memperlancar pencernaan, peluruh kentut, peluruh ASI, dan penambah nafsu makan. Manfaat dapat yang diambil dari ketumbar adalah dari daun, biji, dan buahnya.

 Khasiatnya bukan sebatas untuk pelancar pencernaan saja, melainkan ketumbar juga bermanfaat untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung dan radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

 Penggunaan ketumbar untuk pengobatan luar biasanya dihaluskan dan disajikan adonan dengan campuran air dan bahan lainnya, lalu adonan tersebut ditempelkan pada bagian yang terasa sakit. Cara ini dilakukan untuk mengobati sakit perut kembung, sakit kepala, serta radang payudara.

 Sementara, untuk pengobatan dalam biasanya ketumbar direbus. Setelah direbus dan ditambahkan beberapa bahan lainnya, air rebusannya disaring lalu diminum secara rutin. Cara ini biasanya digunakan untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi, influenza, memperbanyak ASI, muntah-muntah, radang lambung, serta keracunan jamur.

 Cara lainnya adalah dengan menyangrai biji ketumbar, ditumbuk halus, lalu diseduh dengan air. Ada pula dengan menghaluskan ketumbar dan bahan lainnya, ditambah air, disaring lalu diminum.

 Ketumbar ini mengandung sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petsoselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p- simena, kamfena, dan felandren. 

E. Lada

 Lada (zingiber officinale) tergolong tumbuhan merambat. Daunnya berbentuk bulat telur, tunggal, bertangkai, letaknya berseling atau tersebar. Lada berbunga majemuk, berbentuk bulir, dan menggantung dengan panjang bulir 3,5 sampai 22 cm, terdapat pada ujung atau berhadapan dengan daun. Sedangkan, bagian yang dipakai sebagai obat adalah buah.

 Lada termasuk dalam rempah-rempahan yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Lada juga digunakan untuk bumbu tambahan masakan, yang memberikan sensasi rasa pedas pada makanan.

 Kandungan kimia dalam lada hitam adalah saponin, flavonoida, minyak atsiri, kavisin, resin, zat putih telur (protein), amilum (karbohidrat), piperine, piperiline, piperoleine, poperanine, piperonal, dihdrokarveol, kanyo-fillene oksida, kariptone, tran piocarrol, dan minyak lada. Sifat kimiawi lada adalah pedas dan beraroma sangat khas.

 Lada memiliki banyak khasiat, di antaranya untuk melancarkan menstruasi, meredakan serangan asma, meringankan gejala rematik, mengatasi perut kembung, serta menyembuhkan rasa sakit kepala.

F. Kapulaga

 Kapulaga (amamum campactum soland), rempah yang sering disebut dengan kapol, pelaga puwar, palago, atau karkolaka ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Selain sebagai pelengkap bumbu masakan, kapulaga juga dapat digunakan untuk pengobatan. Kandungan kimia dari kapulaga, yaitu sineol, terpineol, alfaborneol, beta-kamper, protein, gula, lemak, dan silikat.

 Selama ini orang banyak yang memanfaatkannya sebagai obat. Ekstrak seluruh tumbuh-tumbuhan kapulaga dipakai sebagai obat terhadap flatulensi atau meteorismus (penimbunan gas dalam usus), kolik, dan kelemahan. Tumbuh-tumbuhan kapulaga yang ditumbuk halus bersama air dipakai sebagai obat gosok untuk penyakit encok. Ekstrak dari umbi akar kapulaga dipergunakan sebagai obat demam.

 Bijinya adalah bahan mamah, dipakai juga sebagai bumbu (untuk kue) dan sebagai obat, contohnya untuk mengobati kesulitan bernapas, mulut berbau (futor exore), dan untuk mengobati batuk dan gatal di tenggorokan dengan memamahnya. Dalam bahan biji kapulaga terdapat minyak kardamon yang mengandung terpineol, terpinylasetat, sineol, borneol, sabinen, zat putih telur, kalsium oksalat, dan silisium. Selain itu, kapulaga juga mengandung minyak atsiri (alfaborneol dan betakamfer) yang berkhasiat untuk mengencerkan dahak, memudahkan pengeluaran angin dari perut, menghangatkan, membersihkan darah, menghilangkan rasa sakit, dan mengharumkan.

 Beberapa penyakit ringan juga bisa disembuhkan dengan kapulaga. Berikut ini adalah bagian tumbuhan kapulaga yang bisa dimanfaatkan sekaligus cara pembuatannya:
1. Kejang perut, rematik: semua bagian tumbuhan ini termasuk akarnya direbus selama lebih kurang lebih seperempat jam dengan disaring, airnya diminum.
2. Demam: batang direbus selama lebih kurang seperempat jam kemudian disaring, airnya diminum.
3. Batuk: buah dikunyah.
4. Mencegah mual: buah direbus dan dimakan.
5. Bau badan: rimpang direbus secukupnya dan diminum airnya. Radang amandel, gangguan haid, kejang perut, obat kumur,
6. influenza, radang lambung, sesak napas, badan lemah: buah direbus, makan. Kapulaga juga memiliki aroma bau sedap. Aroma sedap ini berasal dari kandungan minyak atsiri pada kapulaga. Minyak atsiri ini mengandung lima zat utama, yaitu: Borneol (suatu terpena) yang berbau kamper seperti yang tercium dalam getah pohon kamper. Alfa-terpinilasetat yang harum seperti bau jeruk pettigrain. Limonen yang juga harum seperti bau jeruk keprok. Alfa terpinen yang harum seperti jeruk sitrun. Cineol yang sedap agak pedas menghangatkan seperti minyak kayu putih.

G. Jintan Hitam

 Jintan hitam (Nigella sativa) merupakan tumbuhan yang ukurannya kecil dan pendek, berwarna hitam, berbentuk trigonal, serta memiliki rasa yang kuat dan pedas seperti lada.

 Khasiat jintan hitam adalah sebagai berikut: 


1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
 Jintan hitam/habbatussauda dapat meningkatkan jumlah sel- sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Prof. G. Reimuller, Direktur Institut Imunologi dari Universitas Munich, mengakui bahwa ekstrak habbatussauda berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Dengan demikian, habbatussauda dapat dijadikan obat bagi penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, seperti kanker dan AIDS.

2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
 Dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3), habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Habbatussauda juga memperbaiki peredaran darah ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

3. Meningkatkan bioaktivitas hormon
 Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang masuk dalam peredaran darah. Salah satu kandungan habbatussauda adalah sterol yang berperan aktif pada sintesis dan bioaktivitas hormon.

4. Menetralkan racun dalam tubuh
 Racun dapat mengganggu metabolisme dan mengurangi fungsi organ penting, seperti hati, paru-paru, dan otak. Keracunan dapat menimbulkan gejala berupa diare, pusing, gangguan pernapasan, dan daya konsentrasi yang menurun. Habbatussauda yang mengandung saponin dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.

5. Mengatasi gangguan tidur dan stres
 Saponin yang terdapat di dalam habbatussauda memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat memengaruhi metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, serta memengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh, dan saraf. Saponin berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, dan dapat menghilangkan stres.

6. Anti histamin/anti-alergi
 Histamin merupakan zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma. Dari minyak habbatussauda dapat diisolasi ditymoquinone. Senyawa pada minyak yang volatil (mudah menguap) ini disebut nigellone. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma. Penelitian yang dilakukan Nirmal Chakravaty MD tahun 1993 membuktikan bahwa kristal dari nigellone memberikan efek supressive. Kristak-kristal ini dapat menghambat protekinase C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamin. Penelitian lain membuktikan hal serupa. Ahli imunologi dari Universitas Munich Dr. Med Peter Schleincher melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70% yang menderita alergi terhadap serbuk, jerawat, dan asma sembuh setelah diberi minyak nigella (habbatussauda). Dalam praktiknya, Dr. Schleincher memberikan resep habbatussauda kepada pasien penderita influenza.

7. Memperbaiki saluran pencernaan dan sebagai anti-bakteri
 Habbatussauda mengandung minyak atsiri dan volatil yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional, minyak atsiri digunakan untuk obat diare. Tahun 1992, jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang membuktikan bahwa minyak volatil dari habbtaussauda lebih mampu membunuh strain bakteri V kolera dan E.coli dibandingkan dengan antibiotik, seperti ampisilin dan tetrasiklin.

8. Melancarkan air susu ibu
 Kombinasi asam lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatussauda dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian mengenai khasiat ini dipublikasikan dalam literatur penelitian di Universitas Potchestroom tahun 1989.

9. Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita
 Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan sistem k tubuh secara alami,terutama pada musim hujan yang membuat anak mudah terkena flu atau pilek. Kandungan omega 3, 6, dan 9 yang terdapat dalam habbatussauda merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.

10. Anti-tumor
 Pada kongres kanker internasional di New Delhi, minyak habbatussauda diperkenalkan ilmuwan dari laboratorium Kanker dan Imunologi, California Selatan. Habbatussauda dapat merangsang sumsum tulang belakang dan sel- sel kekebalan. Senyawa yang terkandung di dalamnya dapat menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi.

11. Nutrisi bagi manusia
 Habbatussauda yang kaya akan kandungan nutrisi sangat ideal untuk lansia, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas otak agar tidak cepat pikun. Habbatussauda mengandung 15 macam asam amino, termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup sehingga perlu adanya suplemen yang dapat mencukupinya seperti habbatussauda.

 Jintan hitam mengangung bahan aktif yang disebut nigellion dan timocinon. Nigellion dan timocinon berfungsi sebagai anti- histamin/anti-alergi, antioksidan, anti-infektif, dan broncodialating (melonggarkan tenggorokan). Selain itu, jintan hitam juga kaya akan sumber asam lemak tak jenuh, seperti asam linoleat, arakidat, eikosanoat, dan asam lemak rantai sedang, seperti asam miristat, palmitat, dan stearat. Asam-asam lemak ini membantu tubuh mencegah infeksi, meningkatkan sistem kekebalan, dan mengendalikan reaksi alergis. Asam linoleat gamma juga dapat membantu menstabilkan membran-membran sel.

H. Teh

 Anda tentu mengenal minuman yang satu ini. Rasanya yang nikmat memang sangat pas untuk dijadikan sebagai minuman hangat di pagi hari. Bagi penduduk Indonesia, minum teh sudah menjadi adat yang hampir tidak pernah ditinggalkan. Bahkan, untuk menjamu tamu, kebanyakan orang lebih memilih menyuguhkan teh daripada sirup. Teh mengandung banyak zat kimia yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain polifenol, vitamin C, E, dan A. Selain rasa yang enak, teh ternyata mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
  • Kandungan katekin dan flavanol dalam teh berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. 
  • Teh berfungsi menjaga kesehatan jantung dan menghalus- kan kulit karena kandungan vitamin E di dalamnya yang tinggi (100-200 IU). 
  • Mengurangi kolesterol dalam darah dan melancarkan sirkulasi darah. 
  • Vitamin C dalam teh dapat berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan tubuh.

 Di balik manfaat teh tersebut, ternyata teh juga mengandung zat yang dapat merugikan tubuh, yaitu kafein. Kafein pada titik teh (tehine) dapat menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsi teh lebih dari 750 mg/hari atau setara dengan 5 cangkir teh berukuran 200 ml.

 Mengingat efek samping tersebut, sebelum minum teh, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda lakukan agar zat dalam tubuh tidak hilang.
  • Jangan minum teh saat atau sesudah makan kerena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh. 
  • Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung. 
  • Hindari minum teh dicampur dengan gula karena menyebabkan zat-zat yang dikandungnya menjadi berkurang. 
  • Jangan minum teh yang sudah semalaman karena sudah banyak zat di dalamnya yang teroksidasi dan basi sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh. 
  • Hindari minum teh saat hamil dan menyusui karena kafein dan zat stimulan pada teh dapat merangsang kontraksi rahim.

 Proses pembuatan teh juga harus Anda perhatikan. Untuk menghindari kesalahan saat menyeduh teh, Anda harus memerhatikan cara menyeduh teh apakah sudah benar atau belum. Kesalahan ini dapat menyebabkan teh tidak memberikan manfaat bagi orang yang meminumnya. Untuk menyeduh teh, gunakan air mendidih bersuhu 80° C, jangan menggunakan air dengan yang suhunya lebih tinggi dari 80 derajat karena zat dalam teh akan berkurang.

I. Kopi

  Pada awalnya, kopi kurang begitu diterima oleh sebagian orang. Hal ini karena efek rangsangan yang ditimbulkan. Meskipun begitu, kopi juga banyak mengandung protein yang berguna bagi tubuh. Selain protein, larutan kopi mengandung asam chiorogen, pembangkit chlor, yang merangsang keluarnya asam chlorida dalam lambung. Juga, kandungan kafein, yang bisa memacu peredaran darah. Namun, dalam konsentrasi yang peka, kafein murni bisa menjadi racun. Manfaat kopi adalah sebagai berikut:
1. Menghaluskan telapak tangan
 Ambil 1 sendok makan bubuk kopi, diberi sedikit air panas. Gosokkan pada telapak tangan. Lakukan ini setiap hari.

2. Mengobati disentri
 Ambil 10 gr bubuk kopi murni diseduh dengan 2 gelas air. Beri air perasan 1 tangkai daun pepaya. Minum setiap pagi dan sore sebanyak 1 gelas.

3. Mengatasi keracunan tempe bongkrek
 Ambil 1 sendok makan bubuk kopi murni diseduh deengan V2 gelas air panas. Hangat-hangat minum 1 kali sehari ½ gelas.

4. Mengobati migrain
 Ambil 2 sendok teh bubuk kopi murni, diseduh dengan 1 gelas air mendidih. Beri 1 sendok makan madu. Aduk sampai larut. Minum 1-2 kali sehari 1 gelas.

5. Mengatasi insomnia
 Ambil segenggam daun kopi muda, dicuci, lalu rebus dengan 2 gelas air. Minum air rebusannya.

6. Menghilangkan bau mulut karena petai/jengkol
 Kunyah bubuk kopi sedikit selama beberapa menit. Setelah itu, minum air putih dingin.

7. Pemulihan tubuh sehabis bersalin
 Ambil 2 sendok makan bubuk kopi yang sudah diseduh, campur dengan % gelas air yang dicampur 2 kuning telur ayam kampung, 2 sendok makan gula pasir. Minum sekaligus. Ulangi ini selama beberapa hari.

8. Dapat memengaruhi pendapat seseorang
 Hasil penelitian dari Universitas Queensland seperti dilansir SMH, detik.com, Selasa (6/6/2006), membuktikan bahwa kopi bisa merangsang seseorang untuk menjadi tertarik dengan bahan pembicaraan yang dilontarkan. Tak hanya itu saja, kandungan kafein dalam kopi juga bisa membuat orang tertarik dengan bahan pembicaraan yang sebelumnya enggan dibahas. Sampelnya adalah 140 pelajar yang ditanya tentang masalah aborsi dan euthanasia. Para sukarelawan ini diminta untuk membaca sebuah argumen tentang euthanasia dan aborsi, yang berlawanan dengan pendapat mereka.

 Sebelum membaca argumen tersebut mereka satu kelompok diminta untuk minum jus jeruk biasa, dan kelompok lainnya meminum jus yang telah dicampur dengan kafein yang setara dengan dua cangkir kopi. Setelah itu, mereka dites lagi untuk menunjukkan pendapatnya tentang dua topik kontroversial di atas. Hasilnya, mereka yang meminum jus dengan kandungan kafein ternyata mengalami perubahan pandangan. Dari yang awalnya setuju, lalu bisa berubah pikiran sampai 180 derajat.

9. Menjaga agar perut tetap ramping
 Kafein juga bisa dipakai untuk merangsang kotoran dalam perut keluar. Sebelum pergi ke acara penting dan perlu memakai gaun yang menonjolkan bentuk tubuh, ada baiknya "kuras" kotoran perut den kopi atau snya.

J. Cengkeh

 Cengkeh merupakan tanaman khas dari Indonesia. Tanaman tropis yang berasal dari Maluku ini sudah banyak dibudidayakan untuk diambil minyak dan bunganya. Banyak yang menggunakan cengkeh sebagai bahan untuk penyedap makanan dan untuk penambah cita rasa dalam pembuatan rokok. Pohon yang memiliki tinggi lebih dari 20 m dan umurnya bisa mencapai sampai ratusan tahun ini termasuk dalam jenis Myrtanceae. Cengkeh memiliki banyak kandungan zat di dalamnya.

 Dalam bunga cengkeh terdapat sejumlah minyak atsiri, juga terdapat sejumlah senyawa kimia, seperti eugenin, asam oleanolat, asam galatanat, dan vanillin. Kandungan kimia tersebut memiliki manfaat untuk menghangatkan, menghilangkan rasa sakit, membantu mengeluarkan angin, mengharumkan, dan sebagai antibakteri, serta dapat juga menghilangkan kejang dalam perut. Menurut WHO, cengkeh termasuk dalam tanaman obat yang paling banyak dipakai di dunia, terutama dalam bentuk balsam, minyak cengkeh, dan sebagainya.

Manfaat dari tanaman cengkeh adalah: 

1. Obat sakit gigi
 Cara I: beberapa lembar daun cengkeh dicuci, diseduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Peras dengan kain, basahi kapas dengan cairannya, jejalkan ke lubang gigi yang sakit.
 Cara lI: teteskan minyak cengkeh ke kapas dan jejalkan ke lubang gigi yang sakit. Jangan diulangi sebelum 8 jam dan jangan digunakan lebih dari 2 hari sebab bisa merusak gigi.
2. Bau mulut
 Ambil 5 bunga cengkeh dicuci, diseduh dengan % gelas air. Biarkan sampai dingin. Airnya dipakai untuk kumur- kumur.
3. Nyeri Haid
 Ambil 2 bunga cengkeh, 7 ketumbar, kunyit berukuran 2 cm, dikupas, dicuci, dan 1 sendok teh rata parutan biji pala. Semua direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, airnya diminum hangat-hangat.
4. Batuk rejan
 Ambil 5 bunga cengkeh, 10 helai daun sirih, 1 potong kayu manis cina berukuran 5cm dicuci, 1 sendok rata parutan biji pala, direbus dengan 1l air sampai airnya tinggal setengah. Diminum beberapa kali sehari.
5. Demam akibat sakit malaria
 Ambil 3 bunga cengkeh, 4 iris temulawak, 5 tanaman meniran beserta akarnya, sepotong kayu manis cina ukuran5 cm, semua dicuci. Rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah.
6. Batuk
 Ambil 10 bunga cengkeh, 10 helai daun sirih, dan daging buah pala dari satu pala. Semua dicuci. Pala dimemarkan. Rebus dengan 3 gelas air sampai air tinggal setengahnya. Biarkan dingin. Minum 3 kali sehari @ 4 sendok makan. (anak-anak cukup separonya). Setiap kali akan minum, tambahkan perasaan air jeruk nipis dari 1 iris jeruk.

K. Madu

  Sejak zaman dahulu, madu telah dikenal kaya akan manfaat. Oleh karena itu, bahan pangan yang satu ini cukup populer. Madu tidak hanya digunakan sebagai pemanis alami, tetapi juga digunakan dalam dunia pengobatan. Bahkan, madu telah digunakan oleh para tentara Rusia dalam Perang Dunia I sebagai bahan pencegah infeksi pada luka dan mempercepat kesembuhannya.

 Madu terbuat dari nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah. Nektar ini disimpan oleh lebah pada kantung madu di sarang lebah sebagai makanan mereka. Madu memiliki banyak manfaat, antara lain:
  • Mendukung pertumbuhan bakteri yang menguntungkan serta menghambat bakteri yang merugikan tubuh. Bakteri yang menguntungkan antara lain bakteri bifido yang merupakan bakteri yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Sedangkan, bakteri yang merugikan seperti Helicobacter pylori, yang dapat menyebabkan tukak pada lambung.
  •  Memperbaiki dan melindungi sistem pencernaan. Madu terbukti efektif dalam mengatasi diare, dengan cara membantu penyerapan elektrolit dan air. Selain itu, madu dapat menghambat bakteri E.coli yang menyebabkan diare. Madu juga dapat membantu memperlancar buang air besar sehingga dapat membantu mengatasi konstipasi atau sembelit. Tak hanya itu, madu juga bermanfaat membantu melindungi lambung dari risiko terjadinya iritasi yang disebabkan karena mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan tertentu. Walaupun memiliki kandungan asam yang tinggi, madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun. 
  • Madu dapat membantu penyerapan kalsium dengan kandungan asam glukonatnya. 
  • Kandungan vitamin C, asam organik, enzim, asam fenolik, flavonoid, dan nutrisi lain menjadikan madu bermanfaat sebagai antioksidan tinggi. 
  • Sumber energi yang baik karena terdiri dari fruktosa dan glukosa yang mudah diubah menjadi energi oleh tubuh. 
  • Madu dapat digunakan sebagai pengganti gula yang aman untuk penderita diabetes. 
  • Mempercepat penyembuhan luka. Sifat higroskopis yang tinggi (mudah menyerap air) pada madu, membuatnya mudah menarik air pada luka sehingga luka cepat mengering. Dengan demikian, luka akan lebih cepat sembuh. Madu juga dapat mengurangi pembengkakan luka. Sifat antimikroba madu berkhasiat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab infeksi pada luka. 
  • Madu merupakan bahan makanan yang rendah kalori. Jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah. Dengan demikian, walaupun madu memberikan energi yang besar, madu tiadak menambah berat badan. 
  • Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar. Madu membantu pembentukan darah dengan menyediakan banyak energi yang dibutuhkan dalam proses pembentukan darah. 
  • Madu juga membantu pembersihan darah, mengatur dan membantu peredaran darah, serta berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arterosklerosis.
sumber : buku ide ide agar tubuh tetap hot dan sehat karya aqila smart

0 Response to "11 Bumbu Dapur dan Segala Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel