2 Cara Merawat Wajah / Treatment Auto Cantik

By | January 13, 2021

Perawatan Wajah

    “Wajah cantik dan ayu siapa yang punya …” 

    Pernahkah Anda mendengarkan lagu tersebut?  Apakah Anda ingin memiliki wajah yang cantik dan ayu seperti lagu zaman dahulu di atas?  Tentu saja semua wanita di seluruh dunia ingin memiliki wajah yang ayu dan cantik.

    Saat ini banyak salon kecantikan yang menawarkan berbagai perawatan untuk menjadikan wajah menjadi lebih halus, cantik, dan terlihat lebih segar.  Tentu saja hal tersebut akan membuat Anda tertarik untuk melakukan perawatan wajah tersebut.

perawatan

    Banyak alasan para wanita melakukan perawatan wajah tersebut, mulai dari ingin membuat wajah tempak lebih putih agar noda di muka hilang dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat membuat wanita melakukan perawatan muka.

    Kecantikan wajah bagi seorang wanita merupakan aset yang berharga.  Bahkan, sampai ada juga pepatah yang menyatakan bahwa “kecantikan merupakan kunci untuk dapat melihat dunia”.  Maka dari itu, seorang wanita akan berusaha keras untuk membuat wajah mereka menjadi cantik kembali.

    Dengan wajah yang cantik ayu, membuat kaum adam di muka bumi ini akan menjadi tertarik dengan Anda.  Namun, hal tersebut akan lebih komplet lagi, kecantikan tidak hanya dari fisik saja yang tampak, namun kecantikan dari hati juga merupakan hal yang tidak boleh untuk Anda sepelekan.

Facial Care

    Perawatan wajah, tentu saja kini Anda tidak pernah mendengar nama wajah.  Facial atau sebutan lain facial care memiliki tujuan, yaitu untuk melakukan secara mendalam pada wajah.  Facial ini mengangkat sel-sel kulit mati, sisa kotoran dari debu, ataupun dari sisa tata rias yang biasanya akan membuat wajah terlihat menjadi lebih kusam dan berjerawat.

    Perawatan facial ini memiliki aturan yang harus Anda keluhan.  Pasalnya, jika hal tersebut tidak menjawab dengan sungguh-sungguh, justru akan membuat wajah Anda menjadi iritasi dan juga dapat memperburuk keadaan kulit Anda.  Sebenarnya, perlu untuk Anda juga bahwa ternyata wajah tidak bisa digunakan untuk semua jenis kulit.  Ketika Anda melakukan perawatan wajah, ada baiknya jika Anda pelaporan dan memerhatikan jenis kulit Anda terlebih dahulu.

    Jika Anda memiliki jenis kulit yang berminyak, sebaiknya Anda tidak melakukan perawatan wajah karena perawatan ini dilakukan pada kulit wajah yang normal dan tidak memiliki masalah yang cukup berat.

   Pada wajah ada tahap scrubbing, sedangkan bagi kulit yang berminyak proses ini justru akan menimbulkan masalah karena akan terjadi iritasi.  Pori-pori justru justru akan terbuka, alhasil dapat menimbulkan jerawat.  Wanita berusia di bawah 30 tahun memiliki masa pergantian kulit normal, yaitu sekitar antara 21-28 hari dan sebenarnya tidak memiliki masalah kulit yang terlalu serius. Oleh karena itu pula, perawatan yang dilakukan adalah pembersih wajah biasa (cleanser, face tonic, cuci wajah, dan toner).

    Sedangkan, bagi Anda yang sudah berusia di atas 30 tahun, ada yang baik jika Anda melakukan perawatan wajah.  Pada usia tersebut, tumpukan sel kulit mati lebih tebal karena proses penuaan mulai datang.  Sedangkan, kerja hormon pertumbuhan semakin menurun.  Perawatan wajah akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah secara optimal.

Berikut langkah-langkah perawatan wajah:

1. Bersihkan wajah dengan menggunakan pembersih.

     Tujuan dari ini adalah untuk mengangkat sisa- sisa kotoran yang masih menempel di wajah sebelum masuk ke tahapan pembersihan mendalam.  Produk pembersih harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda agar tidak terjadi iritasi dan memberikan efek buruk pada kulit

2. Pemberian toner.

    Fungsinya adalah untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah yang terangkat oleh pembersih sebelumnya.

3. Scrubbing dan penguapan.

   Untuk memastikan wajah benar-benar bersih, dilakukan scrubbing yang akan mengelupas sel-sel kulit mati sehingga wajah akan terlihat lebih cerah dan bersih.  Biasanya, scrubbing dilakukan lebih lama dan lebih menekan di bagian wajah yang berminyak atau terlihat kusam, terutama di daerah (dahi dan hidung).

   Sementara, penguapan setelah scrubbing akan membuat pori-pori wajah semakin terbuka sehingga komedo lebih gampang dibersihkan.

4. Masker

   Sebelum wajah ditutup masker, dilakukan dulu pijatan ringan untuk melancarkan peredaran darah sehingga nutrisi ke kulit yang lebih baik.  Masker akan bekerja menutup pori-pori tadi sekaligus lebih banyak lagi kotoran.

Facial Spa

   Perawatan wajah seperti spa sebenarnya sangat sederhana.  Tidak hanya rambut saja yang bisa spa. Bahkan wajah juga dapat dilakukan spa. Spa ini sangat disenangi oleh para wanita karena spa ini hal yang baru dan segala materi-materi mulai dari bahan yang digunakan dan cara perawatnya merupakan hasil dari kecanggihan teknologi.

   Namun, sebagian besar bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami dan minyak esensial yang memiliki banyak manfaat. Kunci utama yang diberikan oleh spa ini adalah alami dan relaksasi. Sebenarnya, perawatan spa bukan hanya membuat wajah menjadi cantik, melainkan badan dan otak pun menjadi lebih segar dan terlihat relaks.

  Bahan-bahan yang digunakan dalam spa wajah, seperti pembersih, penyegar, dan pelembap merupakan bahan alami.  Sedangkan bahan penggosok yang dipakai bisa menggunakan wortel yang telah diblender. Titik berat dari metode ini adalah terapi aroma.  Terapi ini menggunakan minyak esensial yang kini bisa dibeli di toko-toko.

   Banyak pilihan minyak esensial, seperti ekstrak lavender yang memiliki khasiat yang menenangkan dan dapat juga Anda kompreskan ke wajah Anda dengan menggunakan air bersih. Setelah itu, baru Anda lakukan pemijatan dengan menggunakan krim khusus.

   Selain pijatan pada wajah, lakukan juga pijatan pada bahu, leher, dan pundak.  Pijatan ini menempati porsi terbanyak dalam perawatan wajah ala spa.  Setelah itu, wajah ditutup dengan menggunakan masker.

  Sebenarnya, Anda tidak perlu repot-repot melakukan spa wajah di salon.  Selain hal tersebut dapat mencampakkan-buang uang, hal tersebut juga dapat menyita waktu Anda cukup lama.  Memang perawatan spa wajah lebih menggunakan bahan-bahan yang lebih banyak dan juga lebih modern.  Anda bisa merawat wajah Anda sendiri di rumah meski tanpa spa wajah.  Anda bisa menggunakan pembersih wajah sehari-hari yang cocok dengan kondisi kulit wajah Anda.

  Hal tersebut justru akan lebih efektif karena bisa Anda lakukan sehari-hari.  Spa wajah juga tidak bisa digunakan untuk semua jenis kulit.  Dengan melakukan spa wajah, wajah dan pikiran yang relaks dapat terpancar.  Orang bijak mengatakan jika wajah dapat merefleksikan secara akurat apa yang terjadi di dalam jiwa dan pikiran, juga di bawah kulit Anda.

 

Sumber : Buku Perawatan modern untuk kecantikan wanita karya Aqila Smart .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *