-->

6 Tips Sederhana Turunkan Kolesterol Dengan Mudah

Turunkan Kolesterol dengan Makanan

 Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah tertentu agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Ironisnya, kita memasukkan begitu banyak lemak jenuh dan kolesterol ke dalam tubuh lewat makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Kondisi ini akan menaikkan kadar LDL kolesterol atau kolesterol jahat di dalam tubuh.
kolesterol

 Timbunan LDL kolesterol di dalam pembuluh darah akan membentuk plak yang kemudian menyumbat saluran darah sehingga mengakibatkan terjadinya penyakit jantung. Sementara itu, HDL kolesterol atau kolesterol baik membantu membersihkan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah.

 Öleh karena itu, jika Anda ingin menaikkan kadar HDL kolesterol dan menurunkan LDL kolesterol, mulailah dari mengatur diet. Tip Menurunkan Kadar Kolesterol Meskipun dokter telah memberi resep obat-obatan penurun kolesterol, bukan berarti Anda bisa mengabaikan masalah makanan dan aktivitas fisik.

 Berikut beberapa tip sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol:

1. Aturlah Porsi Makan

 Suka nambah saat makan? Coba pikirkan kembali sebelum menyendok sepiring nasi lagi. Porsi makan yang melebihi jumlah porsi makan sehat akan membuat berat badan bertambah secara otomatis dan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Coba gunakan tangan Anda untuk menakar porsi makan Anda sehari-hari. Gunakan ukuran telapak tangan saat Anda memilih daging atau ikan. Gunakan kepalan tangan saat Anda ingin mengukur porsi buah yang akan Anda makan, dan gunakan tangkupan kedua tangan untuk mengukur banyaknya nasi dan sayuran yang akan Anda ambil.

2. Makanlah Buah dan Sayur

 Penuhilah piring Anda dengan buah dan sayur minimal 5 kali sehari untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tidak hanya itu, antioksidan yang terkandung di dalam makanan juga mempunyai manfaat lain bagi kesehatan. Dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur, jatah makanan berlemak yang ingin Anda makan akan berkurang. Keuntungan lain, Anda juga bisa menjaga tekanan darah selalu dalam kondisi normal, demikian juga halnya dengan berat badan yang akan selalu berada dalam kondisi ideal.

3. Berpalinglah ke Makanan Laut

 Menu makanan yang sehat untuk jantung minimal mengandung ikan pada setiap kali hidangan. Mengapa? Karena ikan mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi dan lemak jenuh yang cukup rendah. Asam lemak omega-3 membantu menurunkan kadar lemak jahat dalam darah dan menghambat pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah.

4. Makanlah Kacang untuk Kesehatan Jantung

 Kandungan lemak tak jenuh yang sangat tinggi dalam kacang membuatnya bagus untuk dikonsumsi. Cobalah camilan kacang karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan memelihara kadar kolesterol baik tetap terjaga. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi kacang satu ons setiap hari bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

5. Konsumsilah Lemak Tak Jenuh

 Kita memang harus membatasi konsumsi lemak setiap hari, tetapi bukan berarti semua jenis lemak kita kurangi. Lemak tak jenuh seperti yang berasal dari minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan sebagainya sangat penting untuk menurunkan kadar LDL kolesterol dan meningkatkan kadar HDL kolesterol. Sebaliknya, lemak jenuh seperti yang bersumber dari palm oil malah meningkatkan kadar LDL kolesterol.

6. Bergeraklah

 Aktivitas fisik selama 30 menit, 5 hari seminggu, sudah cukup untuk membantu menurunkan kadar LDL kolesterol dan meningkatkan kadar HDL kolesterol. Semakin sering berolahraga, semakin besar keuntungan yang didapat. Dengan berolahraga, Anda juga bisa menurunkan berat badan dan mencegah kekakuan pembuluh darah.

0 Response to "6 Tips Sederhana Turunkan Kolesterol Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel