Body Treatment / Perawatan Tubuh Wanita

By | January 27, 2021

Body Treatment

    Tak hanya kulit, wajah, atau anggota lainnya yang perlu dirawat.  Tubuh pun juga perlu dirawat. Rasa lelah karena aktivitas seharian membuat tubuh menjadi lemas dan lelah.  Dampak yang terlihat tak hanya ada dalam tubuh, kulit pun ikut kusut bila tubuh.  Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk perawatan tubuh adalah perawatan tubuh.

body-treatment

    Perawatan tubuh memang dikenal di kalangan wanita modern.  Di zaman Kartini, tidak ada yang melakukan hal ini.  Para wanita yang melakukan perawatan tersebut dikategorikan sebagai wanita berpikir praktis.  Praktis maksudnya adalah tidak perlu merepotkan diri untuk merawat tubuh sendiri, tinggal pergi ke salon spa atau sejenisnya sudah mendapatkan perawatan yang memuaskan hati dan penampilan. Namun, pendapat itu benar benar karena tidak perlu pergi ke spa untuk melakukan perawatan tubuh. Perawatan ini bisa dilakukan di rumah.

   Banyak manfaat yang dapat diambil dari perawatan tubuh. Salah satu di antaranya adalah mengencangkan kulit dan mengembalikan tubuh agar relaks.  Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

A.  Body Moisture

    Di dalam body treatment ada yang disebut body moisture. Kelembaban tubuh ini melayani untuk merawat kelembapan kulit tubuh. Berbagai aktivitas yang Anda lakukan dan berbagai tempat yang Anda singgahi akan membuat kulit Anda kering. Meskipun Anda mencoba memakai body lotion berkali-kali, hasilnya pun sama.  Kulit Anda akan kering. Body lotion hanya melembapkan setelah Anda memakainya.

   Jika aktivitas yang Anda lakukan belum usai, kerja body lotion sudah usai mendahului Anda. Akibatnya, ya sama saja, kulit Anda akan semakin kering.

Berikut adalah beberapa penyebab kulit menjadi kering:

1. Dry skin problem : dry air

   Udara kering menjadi salah satu penyebab paling umum kulit kering, khususnya selama musim dingin. Pada masa ini, kelembapan kulit yang tertarik keluar sehingga kelembapan kulit menjadi berkurang. Sementara, jika Anda berada di ruangan AC, semakin banyak kelembapan kulit Anda yang berkurang.

2. Berlama-lama dengan air kontak yang terlalu panas

   Melakukan kontak yang terlalu dengan air, terutama udara panas, dapat menghilangkan minyak alami di dalam kulit.  Hal ini bisa dirasakan, yaitu saat Anda keluar dari bak atau pancuran kulit Anda terasa ketat (kencang). Sebagian besar menganggap hal itu bagus, berarti kulitnya kencang.  Namun, yang terjadi adalah sebaliknya. Jikaapan kulit dibiarkan hilang, kekencangan kulit pun semakin berkurang. Alhasil, kulit akan keriput.

  Jika Anda memilih perawatan tubuh di spa, spa yang sebaiknya Anda lakukan adalah memijat dengan menggunakan body lotion aromaterapi. Setelah itu, yang dilakukan adalah kelembutan vitamin E untuk menjagaapan kulit dari dalam.  Jika Anda ingin merawat kelembapan kulit sendiri, caranya adalah dengan memilih losion tubuh yang cocok untuk Anda     

    Ada empat dasar body lotion:

    > Salep pelembap

       Salep pelembap memiliki kemampuan terbesar untuk menangkap uap udara di kulit, tetapi mereka memiliki konsistensi berminyak dan nuansa Vaseline Petroleum Jelly.  Banyak orang yang menghindar untuk menggunakan salep pelembap karena efek yang dirasakan adalah kulit terlihat sangat berminyak. Namun, hal ini dapat dikurangi dengan mengurangi banyaknya pemakaian dan cara pengolesan yang benar

      Contoh salep pelembap yang efektif termasuk Aquaphor dan Vaseline Petroleum Jelly polos. Selain nama merek pelembap, beberapa produk rumah tangga biasa, seperti sayur Crisco Shortening, dapat digunakan sebagai pelembap tubuh yang sangat murah.  Sekali lagi, kunci untuk menggunakan salep ini adalah pembuktian penggunaan dan cara penggosokan.

     > Minyak pelembap

        Meskipun tampak kurang berminyak, kerja minyak pelembap cukup efektif. Contoh dari minyak yang dapat diterapkan secara langsung pada kulit, termasuk minyak bayi, minyak mineral, minyak sayur, dan minyak mandi. Minyak mandi yang digunakan dalam mandi air membuat bak terlalu licin dan tidak boleh digunakan. Minyak mandi lebih baik digunakan setelah keluar dari bak mandi atau saat menggunakan shower. Bisa juga langsung digunakan seperti pelembap lainnya, yang membedakan adalah minyak yang digunakan saat kulit masih basah.

     > Krim pelembap

       Krim pelembap biasanya putih dan menghilang ketika digosokkan ke kulit tanpa meninggalkan rasa berminyak. Bentuk dasar krim ini lebih populer yang berbentuk salep. 

Contoh krim pelembap yang efektif mencakup : Original Eucerin Cream, Aquaphilic, Cetaphil Moisturizing Cream, Vaseline Cream, Eutra / Elta, Nutraderm, Moisturel, Nivea, Nutraplus, Kompleks-15, Carmol, Pen-Kera, dan Neutrogena, Hand Cream (sangat membantu untuk kulit kering dan tangan pecah-pecah).

     > Lotion pelembap

       Lotion pelembap merupakan bahan kimia berminyak suspensi dalam alkohol dan udara.  Lotion pelembap biasanya paling berminyak dan yang paling menyenangkan untuk digunakan.  Oleh karena itu, jenis ini cukup populer.

Contoh lotion pelembap yang populer adalah Vaseline Intensive Care, Nutraderm Keri, Lubriderm, Curel, Kompleks 15, Nivea, U-Lactin, Neutrogena, Nutraplus, Eutra Lite, Moisturel, dan Lac-Hydrin 5. 

B. Cara Memilih Body Lotion

    Banyak Yang  bahwa semua body lotion itu sama.  Namun, pendapat itu tidak semua benar.  Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dan kelembapan yang berbeda pula.  Dengan demikian, lotion dalam pemilihan tubuh harus berhati-hati agar tidak menimbulkan iritasi.

    Cara memilih body lotion yang baik adalah dengan tempat pada telapak tangan dan kaki.  Bila saat dicoba tidak merasakan gatal, body lotion itu cocok untuk kulit Anda.  Namun, bila merasa gatal, lebih baik pilih body lotion yang lain.  Kemajuan teknologi yang berkembang membuat ahli kecantikan semakin mudah memproduksi body lotion.  Hal inilah yang perlu diperhatikan, jangan sampai Anda salah memilih barang atau barang tiruan.

    Sekarang banyak sekali barang-barang tiruan merk-merk ternama di pasaran.  Jadi, lebih baik Anda berhati-hati dalam memilih body lotion yang pas di kulit Anda.

C. Pijat Tubuh

    Pijat tubuh merupakan perawatan tubuh yang paling masuk oleh kebanyakan wanita karena manfaat dari pemijatan ini sangat banyak.

Di antaranya:

> Menghilangkan stres

   Rasa pijatan lembut yang dirasakan dan aroma terapi yang disuguhkan membuat pikiran menjadi tenang dan relaks.  Dengan melakukan body massage, rasa stres pun berkurang.

> Mendorong relaksasi

   Mendorong Rasa nyaman yang dirasakan ketika dipijat untuk berelaksasi, melepas semua beban yang dirasakan.

> Memperbaiki sirkulasi darah

  Jika dalam keadaan lelah dan stres, sirkulasi darah juga mengalami hambatan.  Pemijatan yang dilakukan pun membuat sirkuasi darah perlahan kembali lancar.

> Memperbaiki postur tubuh

   Menurut para ahli, pijat tubuh juga bisa digunakan untuk terapi postur tubuh.  Jika Anda termasuk orang yang memiliki kekurangan dalam postur tubuh, misalkan tulang belakang miring, dengan terapi ini, postur tubuh bisa berangsur-angsur membaik.

> Menurunkan tekanan darah

  Tekanan darah bisa saja naik kapan saja dan di mana saja.  Kenaikan tekanan darah pada setiap individu selain faktor faktor makanan, juga terbongkar oleh pikiran dan tekanan hidup.  Jika pijat tubuh rutin dilakukan, tekanan darah pun bisa normal.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat pijat tubuh yang dapat dirasakan, seperti: 

> Membantu staf rasa nyeri.

> Melemaskan otot-otot.

> Meningkatkan pernapasan.

> Mengurangi ketegangan sakit kepala.

> Memperkuat sistem kekebalan.

> Menurunkan depresi.

    Sebenarnya, pijat sudah ada sejak dahulu, hanya saja belum setenar sekarang.  Pijat zaman dahulu masih melayani dengan mitos, misalnya pijat bayi, wanita setelah melahirkan, wanita setelah keguguran, dan sebagainya.  Di zaman sekarang, pijat mengalami kemajuan, digunakan untuk perawatan kecantikan.

    Pada perawatan spa, minyak yang digunakan untuk pijat biasanya beraroma terapi dan mengandung beberapa vitamin yang berguna untuk mencerahkan kulit tubuh.  Mereka yang melakukan ini pada saat proses pemijatan tidak menggunakan baju, hanya sehelai kain yang menutup tubuh mereka dan tentu saja pegawai yang dipilih adalah pegawai wanita.

   Jika Anda tertarik untuk mencoba pijat tubuh, Anda tinggal datang ke tempat spa terdekat.  Banyak sekali tempat spa yang bisa Anda kunjungi.  Sekarang, tempat spa, tempat yang tabu lagi.  Harga perawatannya pun relatif terjangkau. 

D. Back Treatment

    Pernahkah Anda mencoba memerhatikan bagian punggung atau bagian dada Anda?  Memang benar, kalau kedua bagian tubuh tersebut sangat tertutup dan mungkin karena hal tersebut pula yang membuat Anda tidak memerhatikan bagian tertutup tersebut.

   Perlu diketahui juga, meskipun tertutup dengan busana, bagian punggung dan dada jangan sampai luput dari perhatian dan perawatan.  Apalagi, jika suatu saat nanti Anda ingin menggunakan busana yang memiliki potongan yang punggung bagian punggung atau baju yang memiliki potongan rendah di bagian dada.  Agar terlihat lebih percaya diri ketika pakaian dengan potongan seperti itu, hal yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan melakukan perawatan agar terlihat lebih indah dan sedap untuk dipandang mata.

  Jika punggung Anda tidak pernah dirawat, masalah yang timbul adalah jerawat karena kelebihan kelebihan hormon ketika menstruasi, stres, atau pola makan yang kurang baik.  The it is, bila jerawat kurang dirawat, kulit akan terlihat tampak kusam.

  Sebenarnya, ada cara yang sederhana untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan cara menggosok punggung Anda dengan menggunakan sikat khusus saat mandi, atau Anda bisa juga melakukan beberapa cara untuk mengatasi masalah jerawat tersebut, yaitu:

1. Lakukan pijatan di sekitar punggung sebelum melakukan perawatan  .  

Caranya, tekan punggung bagian atas dengan jari tengah lalu gerakkan putar.  Lakukan gerakan yang sama di punggung bagian yang lain.  Atau, Anda juga dapat melakukan gerakan leher belakang dari atas ke bawah berulang-ulang.  Gunakan minyak esensial agar menjadi lebih relaks.  

2. Lakukan scrubbing dengan menggosokkan formula scrub yang banyak terdapat di pasaran.  Ada baiknya olesi punggung Anda terlebih dahulu dengan minyak zaitun agar tidak terjadi iritasi pada kulit.

3. Atau, Anda juga dapat menggosokkan ramuan garam laut (dapat dibeli di toko kosmetik atau farmasi) yang terkonsolidasi dengan zaitun atau minyak esensial.  Setelah itu, bilas dengan air hangat.

4. Untuk menghilangkan lemak di permukaan kulit, gosok dengan jeruk nipis secara perlahan, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat (suam-suam kuku kuku).  Meskipun ini akan terasa sedikit perih, jeruk akan sangat berkhasiat sebagai antiseptik yang dapat mengeringkan luka.  

5. Bubuhi bedak pada kulit tubuh setelah Anda selesai mandi agar tidak lembap dan agar tidak menimbulkan jamur kulit yang tentu saja akan mengganggu Anda dan mengganggu pandangan. 

E. Breast treatment

    Setiap wanita pasti menginginkan seluruh anggota tubuhnya cantik, termasuk payudara.  Payudara merupakan daya tarik kaum wanita.  Payudara yang montok adalah hal yang selalu diidam-idamkan. Hanya saja, dalam perawatannya, banyak wanita yang melakukan kesalahan.  Suntik silikon, misalnya. Mereka percaya bahwa suntik silikon dapat mempercantik payudara. Namun, pada kenyataannya, anggapan ini salah.  Suntik silikon malah menjadi salah satu penyebab payudara terbesar menjadi jelek (kendur).  

    Pada saat awal penyuntikan tampak tampak indah.  Sejalan dengan usia usia, bentuk payudara semakin aneh dan tidak beraturan.  Tak jarang juga banyak yang terkena kanker payudara karena suntik ini.  

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat payudara Anda:

> Kenakan bra untuk menjaga bentuk payudara tetap indah. 

Pilih ukuran bra yang sesuai agar dapat menopang payudara dengan baik.  

> Bersihkan secara rutin daerah seputar puting susu dengan kapas yang dibasahi air hangat.  

> Oleskan minyak zaitun pada payudara untuk menjaga kelembapan.  Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan pijatan ringan dengan gerakan lembut.  Lakukan senam ringan dengan fokus untuk menilai otot dada. 

    Ada beberapa wanita yang minder jika dilihat dari banyak pria.  Apalagi, Anda atau mereka yang berpayudara kecil.  Pada umumnya, semua wanita beranggapan bahwa para pria tertarik pada payudara besar.  Anggapan ini memang terkadang benar, namun tidak benar 100%.  Percuma memiliki payudara besar, namun bentuknya tidak indah.  

Di bawah ini adalah cara memperindah payudara:

1. Gerakan 1 

> Kedua tangan saling memegang di depan dada.  Tangan kiri memegang lengan tepat di bawah siku kanan.  Sedangkan, tangan kanan juga memegang lengan tepat di bawah siku kiri sehingga terbentuk segi empat.  

> Dorong pergelangan tangan kanan ke arah kiri dan pergelangan tangan kiri pergerakan ke kanan secara bersamaan hingga hingga pergelangan tangan otot terasa bergerak.

>  Lakukan 3 x 8 hitungan.

2. Gerakan 2

> Rentangkan kedua tangan ke depan, tekuk siku dengan telapak tangan mengepal.  

> Gerakkan tangan ke atas dan bawah, ke arah dalam, secara bergantian antara kiri dan kanan tanpa saling bersentuhan satu sama lain, sampai payudara terasa naik turun.  

> Lakukan 3 x 8 hitungan.  

3. Gerakan 3

> Rentangkan kedua tangan ke depan, tekuk siku dengan telapak tangan mengepal.  

> Angkat kedua tangan ke atas sampai otot payudara terasa tertarik. 

> Lakukan 3 x 8 hitungan.  

4. Gerakan 4

> Tangan kanan ke atas dan tangan kiri di pinggang.  

> Tarik tangan kanan ke belakang hingga payudara terasa tertarik.  

> Lakukan 3 x 8 hitungan.

> Lakukan pada tangan lainnya.  

5. Gerakan 5 

> Angkat tangan ke atas dengan telapak tangan menghadap ke atas, putar ke arah depan dan angkat kembali kedua tangan sampai lengan atas bagian dalam menyentuh payudara. Jadi mengangkat payudara dari bawah.

6. Gerakan 6

> Kedua tangan disamping

> Tarik tangan ke belakang sejauh mungkin sampai payudara terasa terangkat.

> Lakukan 3×8 itungan

Lulur jenis ini mengandung butiran halus.  Sebelum dicairkan memang tidak terlihat.  Setelah dicairkan, butiran halus yang terkandung barulah bisa dirasakan.  Krim Scrub Lulur jenis inilah yang paling banyak digunakan.  Di samping praktis, lulur jenis ini juga tersedia dalam beberapa wewangian.  Selain jenis lulur di atas, Anda juga bisa membuat sendiri ramuan lulurnya.

  Bahan yang diperlukan: 2 sendok makan tepung beras.  3 ruas kunyit ukuran ibu jari.  Kunyit bermanfaat sebagai anti oksidan, antiseptik, anti bakteri, anti jamur, dan anti alergi.  Kunyit dapat menghilangkan gatal-gatal di kulit, dan berfungsi sebagai stimultan hingga peredaran darah menjadi lancar.  1 ruas kencur ukuran ibu jari.

  Gunanya sebagai emolien yang bisa membuat kulit menjadi halus, merawat jaringan kulit yang teriritasi, sebagai antiseptik, dapat menghilangkan bau badan, dan membantu menghilangkan rasa lelah.  Minyak esensial kesukaan Anda.  Gunanya sebagai pengharum.  Cara berlatih: Campur dan haluskan semua bahan di atas, bisa ditumbuk atau menggunakan blender / food processor.  Tempatkan bahan yang telah dihaluskan tersebut dalam mangkuk kecil.  Jika adonannya terlalu pekat, tambahkan sedikit air hangat hingga hot pasta (seperti bumbu masakan yang digiling).

Selama ini, lebih banyak orang yang menggunakan lulur sebelum mandi, padahal cara yang paling tepat, apalagi dilakukan di rumah sendiri, sebaiknya dilakukan sesudah mandi.  Jadi, kondisi kulit sudah bersih.  Cara penggunaannya: Seusai mandi, oleskan minyak zaitun di sekujur tubuh Anda.  Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memijat agar otot tubuh benar-benar relaks.  Jika Anda menggunakan minyak aromaterapi, tak terkalahkan dengan kondisi kulit dan kesehatan.  Diamkan cadangan hingga minyaknya kering meresap. 

 Lumurkan ramuan tadi hingga menutupi tubuh Anda.  Biarkan hingga setengah kering, gerakan perlahan dengan gerakan memutar.  Bubuk lulur akan luruh membawa kotoran dan sel kulit mati dari tubuh Anda.  Bilas tubuh dengan air hangat.  Agar kulit menjadi dingin, Anda bisa melanjutkannya dengan melumurkan yoghurt tanpa rasa selama 15 menit.  Bilas kembali hingga bersih. 

 Ingin lebih relaks lagi?  Berendamlah dalam sensasi air hangat yang terkoordinasi dengan segenggam campuran bunga (mawar, melati, dan irisan daun pandan) dan beberapa tetes minyak esensial.  Jangan lupa untuk meminum segelas air putih sesudahnya agar terhindar dari dehidrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *