-->

Cara Membuat CV / Riwayat Hidup Yang Baik Dan Sopan

 Bagaimana Membuat Curriculum Vitae yang Baik? 

 Seperti sudah dijabarkan bahwa curriculum vitae (CV) memuat data pelamar, baik yang berhubungan dengan keprofesionalan mau- pun hal-hal yang bersifat pribadi.  Oleh karena itu, cakupan data dalam kurikulum lebih luas dan lebih lengkap.



  Tentu saja hal tersebut ber- pengaruh pada segi penonjolan (kontrol) data dalam curriculum vitae. Meskipun berisi banyak data tentang latar belakang pelamar, tetapi sesuai kurikulum vitae harus dibedakan dengan otobiografi.

  Daftar riwayat hidup otobiografi kita, karena riwayat hidup digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan.

  Bagian-Bagian Curriculum Vitae

 Daftar riwayat hidup yang baik adalah yang mampu menarik perhatian si perekrut sehingga surat lamaran kerja mendapat tanggapan positif yaitu adanya pemanggilan mengikuti tes selanjutnya.  Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat curriculum vitae yang baik.  Mengenal bagian- bagian curriculum vitae merupakan langkah awal agar kita bisa membuat curriculum vitae dengan baik dan benar. 

 Berikut ini bagian - bagian yang termuat dalam sebuah curriculum vitae. 

a.  Identitas dan Pasfoto

 Bagian ini berisi data pribadi kita sebagai pelamar, yaitu nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, kewarganegaraan, agama, status perkawinan, tinggi dan berat badan, alamat lengkap, telepon (rumah dan HP), serta email (kalau  ada).  Secara prinsip data ini penting untuk diketahui oleh perusahaan perekrut.  Selain itu, tempelkan pula pasfoto terbaru.  Sebaiknya tempelkan pasfoto berwarna ukuran 4x6 dengan pakaian resmi (misalnya jas lengkap dengan dasi).  

b.  Pendidikan dan Pelatihan

 Bagian ini berisi riwayat pendidikan yang pernah kita ikuti, baik formal maupun nonformal (pelatihan, magang, dan kursus).  Tulislah pendidikan formal terlebih dahulu, selanjutnya baru pendidikan non- formal.  Susunlah secara kronologis, dapat dimulai dari tingkat dasar sampai pendidikan terakhir atau Agak.

  Tulislah dengan lengkap bidang studi atau jurusan yang diambil, nama lembaga pendidikan tempat ilmu, prestasi akademik (IP kumulatif) dan non akademik, serta tahun masuk dan tahun kelulusan.  Kalau kita pernah mendapatkan beasiswa, penghargaan sebagai pemenang lomba karya tulis, dan pernah kursus bahasa asing atau komputer, maka tuliskanlah dengan singkat dan jelas secara kronologis pula. 

c. Pengalaman Kerja

 Bagian ini berisi pengalaman kerja kita.  Tulislah secara lengkap dengan pangkat, jabatan, jenis pekerjaan, prestasi, atau proyek yang telah selesai dengan sukses, tanggung jawab dan berwenang pekerjaan, serta masa kerja.

  Sebutkan dengan singkat dan jelas di perusahaan mana saja kita pernah bekerja.  Untuk masa kerja di bawah 6 bulan sebaiknya tidak dicantumkan, kecuali jika ada hal khusus dan di- yakini baik untuk karier kita.

  Tuliskan dengan singkatnya apakah kita pernah mempunyai prestasi di tempat kerja yang lama. Dapat menyebutkan nama atasan kita yang lama atau nomor telepon perusahaan yang lama.  Penyebutan dimungkinkan hanya untuk referensi dan memberi tahu terlebih dahulu.  

d.  Pengalaman Organisasi

 Bagian berisi pengalaman organisasi kita, baik organisasi sosial kemasyarakatan maupun organisasi profesi.  Sebaiknya kita menentukan pengalaman organisasi yang berhubungan dengan jenis pekerjaan yang kita lamar. 

e. Aktivitas dan Keterampilan Khusus

 Bagian ini sifatnya tidak harus ada.  Namun, jika kita memiliki kegiatan atau keterampilan yang memang mendukung tidak ada salah- nya untuk ditulis.  Kegiatan atau jenis keterampilan khusus ini beragam, seperti mengikuti perkumpulan filateli, perkumpulan olahraga, kumpulan sepeda motor, aktif di kegiatan pencinta alam, punya ke- terampilan menulis steno, dan lain sebagainya. 

 f.  Minat dan Kesukaan

 Bagian ini berisi minat dan kesukaan yang ada dalam diri kita.  Minat dan kesukaan ini biasanya berhubungan dengan hobi dan hal-hal lainnya yang bersifat personel (individu).  Untuk itu, sebutkan dengan singkat minat atau hobi kita yang positif dan signifikan untuk peningkat karier.  Selain itu, kita juga dapat menyebutkan berbagai kegemaran, kesukaan, atau favorit tentang beberapa hal seperti pakaian, makanan dan minuman, musik, film, buku, artis idola, grup band, tempat (lokasi) indah, dan kendaraan bermotor.  

g.  Referensi Kerja

 yaitu Referensi orang, perusahaan, atau instansi yang bisa di- hubungi perekrut untuk menanyakan lebih lanjut tentang diri kita sebagai pelamar.  Kita bisa nama orang, perusahaan, atau instansi sebagai referensi dalam surat lamaran kerja.  Apabila kita pernah bekerja, kita bisa melakukan nama perusahaan, instansi, atau nama pada lama kita sebagai referensi.

  Selain itu, referensi juga bisa seseorang yang bekerja di perusahaan yang kita lamar atau orang yang kita kenal yang mempunyai kemampuan dan dalam bidang yang sesuai dengan jabatan yang kita lamar.  Ada yang dilakukan sebelum izin terlebih dahulu, meminta persetujuannya untuk di- masukkan sebagai referensi.  Dengan begitu, ada kesinambungan jika terjadi kontak dengan perekrut.

0 Response to "Cara Membuat CV / Riwayat Hidup Yang Baik Dan Sopan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel