Syarat Daftar Kartu Prakerja Tahun Ini

By | March 18, 2021

Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi / keahlian (skill). Supaya dapat bersaing di era sekarang ini yang harus berkompeten sesuai perkembangan zaman.

prakerja

tujuan Kartu Prakerja :

Program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi / skill angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan. Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi / keahlian kerja. Jadi, bukan untuk menggaji pengangguran, justru membantu masa depan angkatan kerja sesuai keahlian yang diminati. Jadi tidak melulu menjadi buruh pabrik hingga tua.

Yang dapat manfaat Kartu Prakerja

yang bisa mendaftar Kartu Prakerja adalah pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK apalagi dimasa pandemi ini, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja untuk merubah nasib, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Persyaratan harus warga negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal / bersekolah. Untuk dampak dari pandemi COVID-19, Program Kartu Prakerja untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya. Namun salah satu dari pekerjaan di bawah ini, maka kamu tidak bisa mendaftar Program Kartu Prakerja:

  1. Pejabat Negara
  2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  3. Aparatur Sipil Negara
  4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia(TNI)
  5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  6. Kepala Desa dan perangkat desa
  7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Selain itu, dalam 1 Kartu Keluarga (KK) hanya diperbolehkan maksimal 2 (dua) NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja. Jadi, pastikan kalau hanya ada maksimal 2 (dua) anggota keluarga kamu yang menjadi Penerima Kartu Prakerja, ya! .

apakah harus menganggur?Tentu tidak, Orang yang sudah bekerja, karyawan, korban PHK dan pelaku usaha mikro boleh mendaftar sepanjang memenuhi persyaratan Program Kartu Prakerja dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi(skill).

kapan insentif prakerja cair?

untuk info lebih lengkapnya kunjungi https://www.prakerja.go.id/faq.

segera daftarkan diri ke prakerja cukup isi data diri serta ikut tes dan milih gelombang , mudah bukan.

Untuk yang masih gagal terus jangan putus asa tetap semangat.

sumber : prakerja.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *