-->

6 Cara Mendapatkan Kerja Kamu Harus Belajar Produktif

 TAHUKAH ANDA, BAHWA UNTUK MENDAPATKAN PEKERJAAN, ANDA HARUS MEMULAI HIDUP BARU?

 Mungkin Anda terpengaruh opini umum, “memulai hidup baru" itu hanya berlaku untuk orang yang hendak menikah. Dalam artikel ini, saya tidak menyarankan Anda menikah terlebih dahulu "hanya" untuk mendapatkan pekerjaan.

cari-kerja


 Memulai hidup baru itu mengubah kebiasaan hidup Anda. Sebelum bekerja, Anda bersifat konsumtif. Setelah bekerja, Anda bersifat produktif. Jadi, Anda harus mengubah diri dari konsumtif menjadi produktif. Ini perubahan frontal yang tidak semua orang bisa melakukannya.

 Namun bagi yang bisa melakukannya, ganjarannya sungguh indah. Anda akan mudah mendapatkan pekerjaan, melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien, menciptakan prestasi kerja yang tinggi, mendapatkan gaji yang layak, mendapatkan bonus dan insentif melebihi gajinya, mendapatkan penghargaan bahkan selalu mendapatkan promosi jabatan. Salah satu ciri orang produktif itu selalu "mendapatkan", bukan “menuntut".

 Bagaimana cara memulai hidup baru ala orang produktif? 

1. Bangun Pagi.

 Bangun pagi yang ideal untuk orang produktif adalah pukul 04.00 - 05.00. Jika Anda bisa bangun pagi gitu, Anda masih punya cukup waktu untuk melakukan ibadah pagi, mencukupi kebutuhan pribadi dan berangkat kerja tepat waktu. Pengangguran yang suka bangun siang tetap akan men- jadi pengangguran. Dirinya sendiri yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan pekerjaan. 

2. Istirahat yang cukup.

 Istirahat yang ideal adalah 4 – 8 jam per hari. Jika Anda suka begadang atau menderita insomnia, baru bisa tidur setelah subuh, segera ubah kebiasaan Anda. Tidak mudah memang. Hanya niat yang kuat sajalah yang mampu mengalahkan ego Anda. Jika Anda bisa beristirahat cukup ma- lam harinya, keesokan harinya memiliki cadangan energi yang melimpah untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien. Orang yang tidurnya cukup, fokus kerjanya juga cukup baik. 

3. Perbaiki penampilan Anda.

 Tidak perlu suami atau istri kalau hanya untuk mencuci baju, menjemur, menyetrika, dan selalu mengenakan baju bersih setiap kesempatan. Anda tidak mungkin mendapatkan pekerjaan jika mengenakan baju yang tidak dicuci selama sebulan. 

4. Hindari bergaul dengan sesama pengangguran, tetapi bergaul- lah dengan orang yang sudah bekerja. 

 Anda akan mendapatkan trik-trik lolos seleksi penerimaan karyawan baru, wawasan ten- tang dunia kerja, wawasan tentang pekerjaan, dan sebagainya. Wawasan ini penting bagi Anda untuk bekal mendapatkan pe- kerjaan. 

5. Manfaatkan waktu seefisien mungkin.

 Anda dikaruniai waktu 24 jam sehari oleh Tuhan. Manfaatkan waktu itu untuk melakukan hal-hal yang produktif. Contoh: daripada bengong atau gitaran di pos ronda, lebih baik membaca buku-buku motivasi. Daripada main ke sana kemari dengan sesama pengangguran, mendingan latihan pidato di kamar. Daripada main game, lebih baik nonton berita di televisi atau membaca surat kabar. 

6. Gunakan uang Anda sehemat mungkin.

 Mencari pekerjaan itu membutuhkan uang yang tidak sedikit. Jangan terburu nafsu melamar semua lowongan pekerjaan. Anda harus pilah - pilah secara cermat, mana lowongan kerja yang memberikan peluang paling bagus bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan secepat- nya. Itulah yang dilamar. Trik-trik memilih lowongan kerja ini dapat Anda pelajari lebih lanjut dalam buku SUKSES MENEMBUS SELEKSI KARYAWAN (terbitan Gramedia, 2015).

 Keenam hal di atas jika dilakukan semuanya niscaya menjadikan Anda sebagai pribadi baru yang lebih kompetitif. Memulai hidup baru itu mudah bukan? Tidak perlu menikah yang butuh biaya mahal. Cukup mengubah kebiasaan kita yang konsumtif menjadi kebiasaan yang produktif dan kompetitif. Selamat mencoba.

sumber buku karya suryono ekotama

0 Response to "6 Cara Mendapatkan Kerja Kamu Harus Belajar Produktif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel