Eksem , Gejala Dan Pengobatannya!

By | April 16, 2021

 Eksem atau Dermatitis

 Eksem merupakan istilah medis untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan teriritasi. Keradangan ini bisa terjadi di mana saja, namun yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki. Jenis eksem yang paling sering dijumpai adalah eksem atopik atau dermatitis atopik.

gatal

 Gejala eksem sering muncul pada masa anak-anak, terutama saat mereka berumur di atas 2 tahun. Pada beberapa kasus, eksem akan menghilang dengan bertambahnya usia, namun tidak sedikit pula yang akan menderita seumur hidupnya. Dengan pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat dikendalikan dengan baik sehingga mengurangi angka kekambuhan. 

Gejala

 Di mana pun lokasi timbulnya eksem, gejala utama yang dirasakan  pasien adalah gatal. Terkadang rasa gatal sudah muncul sebelum ada tanda kemerahan pada kulit. Gejala kemerahan biasanya akan muncul pada wajah, lutut, tangan dan kaki, namun tidak menutup kemungkinan muncul di daerah lain. 

 Daerah yang terkena akan terasa sangat kering, menebal atau keropeng. Pada orang berkulit putih, daerah ini pada mulanya akan berwarna merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara itu pada orang dengan kulit lebih gelap, eksem akan memengaruhi pigmen kulit sehingga daerah eksem akan tampak lebih terang atau lebih gelap. 

Pengobatan

 Tujuan utama dari pengobatan eksem adalah menghilangkan rasa gatal untuk mencegah terjadinya infeksi. Ketika kulit terasa sangat kering dan gatal, lotion dan krim pelembap sangat dianjurkan untuk membuat kulit menjadi lebih lembap. 

 Tindakan ini biasanya dilakukan saat kulit masih sedikit basah, seperti saat habis mandi sehingga lotion yang dioleskan akan mempertahankan kelembapan kulit. Kompres dingin juga diduga dapat mengurangi rasa gatal yang terjadi. 

 Salep atau krim yang mengandung kortikosteroid seperti hydro- kortison diberikan untuk mengurangi proses inflamasi atau pe-radangan. Untuk kasus-kasus yang berat, dokter akan mem- berikan tablet kortikosteroid dan apabila pada daerah eksem telah terinfeksi, maka bisa diberikan antibiotika untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.

 Obat lain yang dibutuhkan adalah antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang terlalu berat, dan cyclosporin untuk penderita yang tidak berespons terhadap semua jenis pengobatan yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *