-->

Format Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi yang Benar

Format Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi karya dra.sylvia saraswati

A. Bagian Awal 

skripsi,tesis,disertasi


1. Halaman Sampul Depan.

  Halaman penutup ini memuat: (a) judul skripsi / tesis;  (b) jenis dan maksud tulisan ilmiah;  (c) nama dan studi program;  (d) lambang universitas;  (e) nama dan nomor mahasiswa;  (f) instansi yang dituju;  (g) tahun penyelesaian skripsi / tesis.  

2. Halaman Judul. 

 Judul mencerminkan substansi penelitian yang mengandung konsep atau hubungan antarkonsep yang menggambarkan gejala / fenomena yang diteliti, sasaran penelitian (populasi dan lokasi), serta metode penelitian.  Ditulis tidak lebih dari 20 kata.  Dimuat pada Halaman Sampul Depan.  

3. Halaman Pengesahan. 

 Halaman ini memuat tanda persetujuan dari para pembimbing, para penguji, dan tanggal kelulusan ujian.  

4. Halaman Pernyataan. 

 Lembaran ini berisi penyataan penulis bahwa skripsi / tesis yang diajukan adalah asli dan belum pernah diajukan untuk mendapatkan gelar akademik.  

5. Halaman Moto dan Persembahan.  

6. Halaman Prakata. 

 Halaman ini mengemukakan permasalahan dalam penelitian, temuan penelitian, kesulitan sewaktu melakukan penelitian dan hal-hal yang memperlan- car pelaksanaan penelitian serta tulisan skripsi / tesis, termasuk di dalamnya juga pernyataan rasa terima kasih kepada pelbagai pihak atas terlaksananya penelitian dan skripsi / tesis  .

7. Halaman Daftar Isi. 

 Susunan isi skripsi / tesis sesuai dengan tata urut atau sistematika menulis skripsi / tesis.  Di dalam daftar isi tertera urutan bab dan subbab dengan nomor halamannya.  

8. Halaman Daftar Tambahan.

  Biasanya mencakup Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lambang, Daftar Singkatan, dan Daftar Lampiran.  Susunan tabel, gambar, lambang, singkatan dan lainnya secara sistematis yang terdapat dalam skripsi / tesis.  Penulisan lambang atau simbol tak terkalahkan dengan yang sesuai di setiap program studi masing- masing.  

9. Halaman Abstrak. 

 Halaman ini mencerminkan seluruh isi skripsi / tesis dengan mengungkapkan intisari uraian tentang masalah penelitian, pendekatan yang digunakan atau kerangka pemikiran, metode penelitian, temuan penelitian, dan simpulan yang dibuat dalam dua versi bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia masing-masing antara 200 hingga  500 kata diketik satu spasi.  

B. Bagian Utama 

1. Pendahuluan. 

 Bab ini berisi penjelasan secara umum, ringkas, dan padat yang menggambarkan dengan tepat isi skripsi / tesis.  Mirip dengan proposal.  

2. Latar Belakang Penelitian. 

 Mengandung dan meletakkan penelitian dalam peneliti. Oleh karena itu, dalam latar belakang ini diuraikan peta keilmuan yang menyatakan pernyataan tentang gejala atau fenomena yang akan diteliti, boleh diangkat dari masalah teoretis atau diangkat dari masalah praktis, argumentasi tentang pemilihan topik penelitian (menunjukkan permasalahan sebagai perbedaan antara konsep / teori yang ada  ), 

situasi yang melatarbelakangi penelitian atau masalah penelitian (yang dipermasalahkan), penelitian terdahulu yang bersangkut paut dengan masalah, intisari dan kerangka teori yang menjadi masalah, termasuk di dalamnya mengemukakan masalah, pemilihan masalah, serta isu / tema sentral atau fokus penelitian.  

3. Rumusan Masalah.

  Merumuskan masalah penelitian dengan tegas, tegas dan konkret masalah yang akan diteliti, relevan dengan waktu, berhubungan dengan suatu masalah teoretis atau praktis, berorientasi pada teori  (teori merupakan body of knowledge), serta dinyatakan dalam kalimat tanya atau pernyataan yang mengandung masalah.  

4. Maksud atau Tujuan Penelitian. 

 Menegaskan maksud atau tujuan penelitian yang terkait dengan pengembangan keilmuan atau manfaat praktis dari masalah yang akan diteliti.  Maksud adalah dari masalah penelitian.  Sedangkan tujuan yang diperoleh dari hasil yang akan dicapai atau diperoleh dari maksud penelitian.  

5. Manfaat Penelitian.

  Mengungkapkan informasi yang spesifik yang dapat dicapai dari aspek teoretis (keilmuan) dengan menyebutkan manfaat teoretis apa yang dapat dicapai dari masalah yang diteliti.  Juga dari aspek praktis (guna-laksana) dengan menyebutkan manfaat apa yang dapat dicapai dari pengetahuan yang diperoleh dari penelitian.  

6. Tinjauan Pustaka. 

 Ini adalah tinjauan literatur dan setiap terbitan / buku / publikasi yang relevan dibahas secara kritis, yang termasuk siapa yang pernah meneliti topik atau masalah itu, di mana penelitian itu dilakukan, apa unit dan bidang studinya, bagaimana pendekatan dan analisisnya, bagaimana cara pendekatannya, dan  apa kritikan terhadap studi itu.  

7. Hipotesis. 

 Simpulan probabilistik sebagai jawaban atas masalah.  Apabila penelitian bersifat kualitatif, maka hipotesis tidak diperlukan.  8. Metodologi Penelitian.  Bab ini mendekati, metode, dan teknik yang digunakan untuk menganalisis dan menganalisis data yang dapat menjawab atau menjelaskan masalah penelitian. 

C. Bagian Akhir 

1. Daftar Pustaka.

  Daftar rujukan / pustaka (referensi) hanya memuat sumber rujukan yang benar-benar dirujuk dan dimuat dalam naskah skripsi.  Sumber yang tidak dirujuk tidak perlu dimuat dalam daftar rujukan.  "Penulis rekomendasi 78 memilih rujukan berdasarkan prinsip keterbaruan dan luasnya rujukan dibaca atau dipublikasikan.  Dalam daftar rujukan, nama penulis ditulis nama akhir (nama belakang, nama keluarga) disusul dengan tanda baca koma kemudian nama pertama (nama panggilan, nama depan).  

2. Lampiran. 

 Lampiran adalah uraian atau keterangan tambahan yang penting yang ditempatkan pada akhir atau bagian belakang dari tulisan yang jika ditempatkan pada bagian utama akan mengganggu kesinambungan dan alur tulisan.  Lampiran dapat berupa daftar pertanyaan (guestionnaire), wawancara, lembar hitungan, mencetak statistik, daftar riwayat hidup, dan keterangan lainnya.

0 Response to "Format Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel